Selasa, Juli 2, 2024
32.1 C
Jakarta

AKUB San Agustin Turnamen Futsal Merajut Semangat Persaudaraan

PONTIANAK, Pena Katolik– Baru-baru ini telah dilaksanakannya Turnmen Futsal yang diadakan oleh Akademi Keuangan dan Perbankan Pontianak (AKUB) yang merupakan Turnamen Futsal khusus untuk kalangan internal Kampus AKUB Pontianak saja AKUB INTERNAL FUTSAL COMPETITION.

Kegiatan ini melibatkan Para Dosen, Tendik, Alumni dan Mahasiswa dan mahasiswi Akademi Keuangan dan Perbankan Pontianak. Kegiatan ini diselenggarakan dari tanggal 10 – 14 Juni 2024 yang mulai turnamennya jam 09.00 Pagi. Adapun peserta dalam turnamen ini yaitu 6 tim Putra dan 6 tim putri.

Wakil Direktur  3 Bagian Kemahasiswaan AKUB, Paulinus Jang menyampaikan bahwa tujuan utama dari penyelenggaraan turnamen futsal putra dan putri AKUB Kampus 2 Pontianak tahun ini untuk meningkatkan rasa kekeluargaan Kampus AKUB yaitu antara Para Dosen, Tendik, Alumni dan mahasiswa/I AKUB Pontianak.

“Dengan diadakan kompetisi seperti ini akan terlihat potensi-potensi atau bakat mahasiswa/I AKUB yang dibidang olahraga futsal yang mana akan dikembangkan menjadi pemain professional untuk membela kampus AKUB di kompetisi-kompetisi di luar,” kata Paul dalam wawancara pada Media Center San Agustin usai turnamen.

Turnamen Kampus AKUB

Dalam kegiatan turnamen ini, Paulinus Jang menyampaikan gambaran proses persiapan cukup singkat hanya 2 minggu untuk mempersiapkan semua kebutuhan dan perlengkapan turnamen.

Menurutnya semua karena segenap panitia yang sangat kompak dan penuh antusias bekerja keras membantu mempersiapkan segala kebutuhan. Dalam proses selama turnamen, sekali lagi semua sukses sesuai waktu dan perencanaan sebelumnya, sangat apresiasi untuk segenap panitia turnamen ini.

Paulinus Jang juga menyampaikan bahwa turnamen ini tidak jauh berbeda dengan turnamen sejenis lainnya di wilayah Pontianak, hanya saja turnamen ini tidak terbuka untuk umum, hanya untuk internal Kampus AKUB.

“Kreteria dan ketentuannya seleksi yaitu karna pertandingan ini untuk kalangan sendiri jadi hanya untuk Mahasiswa/I, alumni, tendik dan dosen-dosen AKUB saja dalam arti siapapun boleh berpartisipai asalkan berasal dari Kampus AKUB Pontianak,” tambah Paulinus Jang.  

Sistem pertandingan yang diteraapkan dalam turnamen Futsal AKUB yakni sistem gugur yakni jika tim kalah maka tidak bisa melanjutkan ke tahap berikutnya, Untuk fitur dan aturan semuanya hapir sama dengan turnamen futsal pada umumnya, hanya saja di pengaturan waktu yakni kita setting 20 menit 1 babak untuk putra dan 15 menit 1 babak untuk putri.

“Dalam turnamen ini kami buat sebagaimana fun nya, dan kami buat hibauan kepada masing-masing kelas untuk mensupport timnya yang bertanding, dan kami siapkan merchandise bagi penonton yang datang untuk mendukung timnya yang akan bertanding,” tambahnya (15/06/24).

Akademi Perbankan dan Keuangan Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo (2024).

Bagi Komunitas Mahasiswa

Sebagai Wakil Direktur  3 Bagian Kemahasiswaan AKUB, Paulinus Jang menggarisbawahi memang semua kelas dan dosen, tendik serta alumni antusias untuk berpartisipasi dalam turnamen ini, dan memang semuanya sesuai harapan, semua memang berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Menurut mereka dampak positif dengan diselenggarakannya turnamen futsal ini terhadap komunitas mahasiswa AKUB dan masyarakat sekitarnya yaitu dengan mengadakan kegitan ini setidaknya AKUB sudah dikenal oleh pihak penyedia lapangan, dan dalam kegiatan pertandingan ini ada juga penonton yang bukan mahasiswa AKUB yang hadir, secara tidak langsung sudah memperkenalkan kampus AKUB kepada orang luar.

“Dan untuk komunitas mahasiswa AKUB, mereka menjadi semakin antusias untuk mempersiapkan masing-masing tim kelas mereka untuk menyambut Kompetisi-kmpetisi serupa di kemudian hari, dan pada akhirnya silahturahmi antar mahasiswa AKUB terjalin dengan baik,” ujar Paulinus Jang (15/06).

Sejalan dengan itu, kedepannya mereka pasti akan melibatkan komunitas atau sponsor untuk mendukung Kegiatan seperti ini.

Sebelumnya belum melibatkan sponsor karena waktu persiapan terlalu mepet, jadi tidak ada sponsor untuk sementara.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini yang mereka lakukan untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan semua peserta dan penonton selama turnamen berlangsung diantaranya membuat syarat harus menggunakan perlengkapan bermain yang lengkap seperti sepatu khusus futsal, kaos kaki dan pelindung tulang kering serta pengaman lainnya, nermain fun dan suportif, pelanggaran keras akan diberi sangsi.

“Kami juga mempersiapkan P3K untuk Pemain seperti, Pain killer spray,krim pereda nyeri dan lainnya untuk menanggulangi apabila terjadi cidera saat bertanding. Untuk penonton, kami himbaukan untuk suportif , tidak memprovokasi dan berkata kasar apabila mendukung timnya yang sedang bertanding, tambahnya (15/06). (Sam).

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini