Selasa, Juli 23, 2024
32.1 C
Jakarta

Apa Merek Mobil Pertema yang Dimiliki Seorang Paus? Ini Perjalanan Sejarah Mobil Seorang Paus

Paus Pius XI saat menaiki mobil pertamanya menuju ke Basilika St Yohanes Lateran Roma. ISt

VATIKAN, Pena Katolik – Ketika memulai masa kepausannya, Paus Fransiskus mengejutkan dunia karena pilihan “mobil dinas”-nya. Pada kebiasaan sebelumnya, seorang Paus Biasa mendapat sebuah mobil sedan Mercedez Benz. Namun sejak awal, Paus Fansiskus lebih memilih mobil Fial 500 L. Mobil yang dinaiki Paus ini hanya sekelas Toyota Avanza.

Namun, melihat sejarah Panjang “mobil kepausan”, siapa Paus pertama yang mulai menggunakan mobil? Mobil seperti apakah yang ia kendarai?

Mobil Pertama

Meskipun mobil telah ditemukan tersedia selama beberapa dekade, para Paus baru menggunakannya untuk aktivitas harian pada tahun 1929. Dimulai dari Paus Pius XI yang mengendarai Graham Paige Type 837 dalam perjalanan pertama Paus ke luar Vatikan.

Saat itu, 22 Desember 1929, Paus Pius XI menaiki mobil asal pabrikan Amerika ini untuk mengunjungi Basilika St. Yohanes Lateran. Saat inilah tercatan seorang paus mendapat mobil kepausan. Ini juga merupakan perjalanan pertama seorang Paus, meninggalkan Vatikan setelah jatuhnya Roma pada tanggal 20 September 1870.

Musim panas tahun 1930, di pelataan Vatikan, pabrikan mobil asal Jerman, Daimler-Benz AG memberi Paus Pius XI Nürburg 460 Pullman. Sambil mengenakan topi hitam dan jubah putih, Paus mengelilingi taman Vatikan dengan kendaraan berkelir hitam itu selama satu jam.

Tampaknya, Nürburg 460 Pullman ini dibuat sedikit istimewa. Mobil ini dilengkapi karpet sutra dan motif merpati timbul di lapisan atap. Paus Pius XI tampaknya menyukai kendaraan ini. Ia menyebut mobil rancangan Ferdinand Porsche itu sebagai sebuah mukjizat teknik modern.

080923 – Paus Pius XI dan Numbur 460 yang dihadiahkan untuknya. IST

Paus kedua yang memiliki mobil kepausan adalah Paus Pius XII. Salah satu yang ia punya adalah mobil yang sama dengan pendahulunya yakni Graham Paige Type 837. Paus Pius XII memakai mobil ini sampai sebuah serangan bom di Kota Abadi yang dijatuhkan Amerika dan menewaskan 3000 jiwa.

Setelah mendengar berita suram tersebut, Paus Pius XII memilih memakai Mercedes 230 untuk pergi ke lokasi tragedi untuk menghibur rakyat Romawi. Namun sayang, mobil pabrikan Jerman itu mogok. Karyawan kepausan lalu mengirim Graham Paige 837 untuk menjemput Paus. Dalam sebuah foto kenangan, Paus Puis XII dengan tangan terentang dan memohon ke langit di depan orang banyak yang baru saja tertimpa musibah yang berkumpul di sekitarnya. Tepat di belakangnya menunggu Graham Paige.

Sejak tahun 1930 juga, Vatikan telah memiliki sistem pelat nomornya sendiri. Ada dua jenis pelat nomor: SCV untuk mobil milik Negara Vatikan dan mobil CV milik warga negara yang mendapat hak untuk memiliki registrasi ini.

Sempat akan Diberi

Kehadiran sejumlah mobil di garasi Takhta Suci pada waktu itu membukukan nama Pius XI sebagai Paus pertama yang “menempelkan roda karet” di jalanan Vatikan. Konon, ada puluhan kendaraan terparkir di Paviliun Angkutan saat ini. Selain mobil ada juga kendaraan “jadul” seperti Sedia Gestatoria dan Grand Gala Berlin di salah satu bagian dari Museum Sejarah Vatikan itu.

Nama Pius XI bisa saja takkan tercantum sebagai Paus pertama yang mengendarai mobil dalam sejarah kepausan, andai pendahulunya, Paus Pius X (1835-1914), pada 1909 menerima tawaran Uskup Agung New York, AS saat itu, Mgr John Murphy Farley (1842-1918). Mgr Farley ingin memberikan mobil Itala kepadanya.

Sayang, Pius X menolak pemberian itu. Ia mengaku masih amat asing dan belum siap memakai kendaraan bertenaga mesin. Lagipula mobil takkan banyak berguna bagi Takhta Suci pada masa itu. Sebab, sejak 1870 hingga sebelum penandatanganan Pakta Lateran pada 11 Februari 1929, pemerintah Italia membatasi ruang gerak Paus. Saat itu, Paus hanya boleh berada di sekitar Vatikan. Hal itu terjadi karena Italia menganggap Vatikan sebagai bagian wilayah kekuasaannya.

Namun setelah Perjanjian Rekonsiliasi antara Vatikan dan Italia ditandatangani, Paus diberi hadiah mobil untuk beberapa kali kesempatan. Mobil pertama Puis XI, dari pendiri industri automotif asal Amerika, Graham bersaudara, sebuah Graham-Paige 837 menjadi salah satu hadiah ini. Pemberian itu sebagai apresiasi atas kemerdekaan Vatikan, sebagai sebuah negara berdaulat.

Paus Yohanes Paulus II di atas mobil kepausan. IST

Pertimbangan Keamanan

Pada tahun 1960, Mercedes-Benz kembali menyumbangkan sebuah mobil kepada Paus Yohanes XXIII. Sementara itu, Paus Paulus VI menggunakan beberapa mobil berbeda, seperti Lincoln Continental dan Mercedes-Benz 600 Pullman. Ia juga kadang menggunakan truk putih klasik yang paling erat kaitannya dengan perjalanan kepausan.

Paus selanjutnya adalah Paus Yohanes Paulus II. Dikenal sebagai Paus terlama di masa modern, Yohanes Paulus II mengendarai banyak mobil Popemobile yang berbeda. Ia mengendarai mulai dari Ferrari hingga bus dengan sisi kaca. Yang terakhir ini menyusul upaya pembuhunan yang pernah terjadi atasnya pada 13 Mei 1981 oleh Mehmet Ali Ağca, sehingga perlu perlindungan khusus untuk setiap mobil yang ditumpangi seorang Paus. Beberapa fitur yang kini familiar bagi banyak orang, seperti desain mobil dengan “kotak Paus” yang dilapisi kaca antipeluru, menjadi standar.

Ketika masa kepausan Benediktus XVI, alasan keamanan ini tidak terlalu ketat lagi. Pada kesempatan, Paus asal Jerman ini kadang menaiki mobil dengan atap terbuka yang memungkinkan orang banyak melihatnya secara langsung. Demikian juga dengan Paus Fransiskus, selain mobil “rakyat” nya, ia sering terlihat di atas mobil terbuka di banyak kunjungan kepausannya di berbagai negara.

Kereta Kuda sebelum Mobil

Sebelum mulai memakai mobil, seorang Paus biasa memakai kereta kuda untuk bepergian ke tempat-tempat lain di luar Vatikan. Sepanjang 200-an tahun terakhri masa kepausan, mobil seorang Paus lebih banyak merupakan mobil Mercedes-Benz. Berikut ini cerita-cerita singkat mobil kepausan dari tahun ke tahun:

Paus Pius 1929 – Fiat 525

Paus Pius XI 1929 – Graham Paige Type 837

Graham-Paige digunakan dalam perjalanan kepausan pertama ke luar Vatikan setelah lebih dari 59 tahun. Dalam pelayaran itu, Paus Pius XI dibawa untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-50 menjadi seorang imam. Mobil tersebut, merupakan hadiah dari pemilik kapal yang berbasis di Detroit. Graham-Paige Motors, adalah kendaraan kepausan pertama yang dicat hitam.

Pius XI 1930 Mercedes-Benz Nürburg

Mercedes-Benz telah mengirimkan banyak mobil paus kepada Paus, yang pertama adalah Nürburg 460 ini, yang diberikan kepada Pius XI pada tahun 1930. Mirip dengan kereta kepausan pada abad sebelumnya, mobil tersebut memiliki sulaman burung merpati pada lapisan atapnya dan sebuah kursi takhta untuk Paus.

Yohanes XXIII 1960 – Mercedes-Benz 300d

Hadiah berikutnya dari Mercedes – yang dipersembahkan kepada Yohanes XXIII – juga memiliki kendali di samping kursi takhta Paus, namun kendali tersebut digunakan untuk mengendalikan AC mobil dan radio dua arah untuk berkomunikasi dengan pengemudi.

Berbeda dengan Nurburg dengan atap keras, mobil pope ini didesain sebagai landaulet, dengan bagian atas yang empuk pada jok belakang yang dapat diturunkan dan jendela belakang dilepas serta disimpan di bagasi.Pegangan disediakan pada partisi di antara jok sehingga, ketika atapnya runtuh, Paus dapat berdiri dan melihat banyak orang berkumpul untuk memberkatinya.

Paulus VI – 1965 – Mercedes-Benz 600 Pullman

Keberhasilan atap soft-top pada Mercedes 300d menyebabkan dipilihnya desain serupa untuk 600 Pullman. Atapnya dinaikkan tiga inci lebih tinggi dari model 600 normal untuk memberikan ruang kepala yang memadai.

Seperti dalam inkarnasi lainnya, mobil paus ini menampilkan satu kursi kepausan dan dua kursi lipat untuk pengawal paus.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini