33.4 C
Jakarta
Friday, June 21, 2024

Vatikan Menerbitkan Dokumen Keutamaan Kepausan Tentang ‘Gereja yang Bersatu Kembali’

BERITA LAIN

More

    VATIKAN, Pena Katolik – Vatikan menerbitkan studi setebal 130 halaman tentang papal primacy (keutamaan kepausan) pada hari Kamis 13 Juni 2024. Dokumen ini berisi saran dari komunitas Kristen Ortodoks dan Protestan, mengenai bagaimana peran uskup Roma dalam “Gereja yang bersatu kembali” di masa depan.

    Dokumen kajian yang berjudul The Bishop of Rome: Primacy and Synodality in Ecumenical Dialogue and Responses to the Encyclical Ut Unum Sint,” merupakan teks Vatikan pertama sejak Konsili Vatikan II yang menguraikan keseluruhan perdebatan ekumenis mengenai keutamaan kepausan.

    Selain mengidentifikasi pertanyaan-pertanyaan teologis seputar keutamaan kepausan dalam dialog ekumenis, dokumen ini melangkah lebih jauh dengan memberikan saran-saran “untuk pelayanan persatuan dalam Gereja yang bersatu kembali,” termasuk “penerapan keutamaan uskup Roma yang berbeda.”

    Bagian akhir teks yang diterbitkan memuat bagian proposal dari Dikasteri untuk Mempromosikan Persatuan Umat Kristiani mengenai pelaksanaan keutamaan kepausandi abad ke-21, termasuk rekomendasi untuk “pelaksanaan sinode” keutamaan kepausan, demikian seperti diberitakan CNA.

    Sinodalitas

    Dikasteri tersebut menyimpulkan bahwa pertumbuhan sinodalitas diperlukan dalam Gereja Katolik dan bahwa banyak lembaga sinode dan praktik Gereja Katolik Timur dapat menginspirasi Gereja Latin.

    Laporan tersebut menambahkan bahwa “sinodalitas” dapat mencakup pertemuan rutin di antara perwakilan Kristen di tingkat dunia dalam “persekutuan konsili” untuk memperdalam persekutuan.

    Hal ini merupakan kelanjutan dari dialog dengan beberapa perwakilan Ortodoks yang telah menyatakan bahwa “pemulihan persekutuan penuh antara Gereja Katolik dan Gereja Ortodoks akan memerlukan penguatan struktur sinode dan pemahaman baru tentang keutamaan universal, yang keduanya berfungsi untuk mewujudkan persekutuan di antara Gereja-Gereja Ortodoks.

    Pada konferensi pers Vatikan pada tanggal 13 Juni, Kardinal Mario Grech, sekretaris jenderal Sekretariat Jenderal Sinode, mengatakan bahwa dokumen studi ini dirilis pada “waktu yang tepat” ketika Gereja mempersiapkan sesi kedua Sinode.

    Perwakilan Gereja Apostolik Armenia, Uskup Agung Khajag Barsamian, yang mengikuti konferensi pers melalui tautan video, menggarisbawahi bahwa sinodalitas Gereja Katolik adalah kriteria penting bagi gereja-gereja Ortodoks Timur dalam perjalanan menuju persekutuan penuh.

    Gereja Katolik berpendapat bahwa Yesus menjadikan Petrus sebagai “batu karang” Gereja-Nya, memberinya kunci kerajaan dan menetapkan dia sebagai gembala seluruh kawanan. Paus sebagai penerus Petrus adalah “sumber dan landasan abadi dan nyata dari persatuan para uskup dan seluruh umat beriman,” sebagaimana dijelaskan dalam salah satu dokumen utama Konsili Vatikan Kedua, Lumen Gentium.

    Dokumen studi baru ini mengusulkan “perbedaan yang lebih jelas dibuat antara berbagai tanggung jawab Paus, khususnya antara pelayanannya sebagai kepala Gereja Katolik dan pelayanan persatuan di antara seluruh umat Kristiani, atau lebih khusus lagi antara pelayanan patriarki di Gereja Latin dan pelayanannya.

    Laporan ini mencatat adanya kemungkinan untuk “memperluas gagasan ini dengan mempertimbangkan bagaimana Gereja-Gereja Barat lainnya dapat berhubungan dengan uskup Roma sebagai primata sambil tetap memiliki otonomi tertentu.”

    Teks tersebut mencatat bahwa Gereja Ortodoks dan Ortodoks Oriental menekankan pentingnya kepemimpinan regional dalam Gereja dan menganjurkan “keseimbangan antara keutamaan dan keutamaan”. Laporan tersebut menambahkan bahwa beberapa dialog ekumenis dengan komunitas Kristen Barat juga menerapkan hal ini pada Gereja Katolik dengan menyerukan “penguatan konferensi para uskup Katolik, termasuk di tingkat kontinental, dan untuk melanjutkan ‘desentralisasi’ yang diilhami oleh model Gereja patriarki kuno.

    Dengan menerapkan prinsip subsidiaritas, yang berarti bahwa masalah apa pun yang dapat ditangani dengan baik di tingkat yang lebih rendah harus dibawa ke tingkat yang lebih tinggi, teks ini menjelaskan bagaimana beberapa dialog ekumenis menyatakan bahwa “kekuasaan uskup Roma tidak boleh melebihi itu. diperlukan untuk melaksanakan pelayanan kesatuannya pada tingkat universal dan menyarankan pembatasan sukarela dalam pelaksanaan kekuasaannya.” (AWS)

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI