27.1 C
Jakarta
Saturday, April 27, 2024

Empat Tradisi Minggu Palma yang Indah dari Seluruh Dunia

BERITA LAIN

More
    Prosesi Keledai di Catalonia Spanyol selama minggu Palma. Aleteia

    CATALONIA, Pena Katolik – Salah satu kegembiraan dalam agama Katolik adalah berbagai hari raya sering kali menginspirasi beberapa perayaan yang sangat indah di seluruh dunia. Hal ini juga berlaku pada Minggu Palma, yang menandai hari pertama Pekan Suci. Berikut ini beberapa tradisi indah di banyak negara selama Minggu Palma.

    1. Spanyol: Prosesi keledai

    Di beberapa wilayah Spanyol, khususnya di Catalonia, tradisi Minggu Palma yang unik melibatkan prosesi kendaraan hias yang melambangkan Yesus menunggangi keledai. Pada prosesi ini, keledai sungguhan diarak dengan membawa patung Yesus. Prosesi ini melambangkan masuknya Yesus dengan rendah hati ke Yerusalem.

    Umat Katolik di Meksiko membuat anyaman dari janur yang cukup rumit untuk menyambut liturgi Minggu Palma. Aleteia

    2. Meksiko: Tenun palem

    Di Meksiko, khususnya di desa-desa dan kota-kota dengan penduduk asli, tenunan palem yang rumit dibuat untuk Minggu Palma. Tenun ini sering kali berbentuk salib, bunga, atau simbol lainnya dan digunakan untuk menghiasi rumah dan gereja.

    Perayaan Hosana di Ethiopia selama Minggu Palma. IST

    3. Etiopia: Perayaan Hosana

    Gereja Katolik Ortodoks Ethiopia merayakan Hosanna pada Minggu Palma dengan prosesi warna-warni, nyanyian pujian, dan doa. Ini adalah peristiwa yang menggembirakan di mana daun-daun palem dilambaikan dan pakaian tradisional dikenakan untuk menghormati masuknya Yesus dengan penuh kemenangan ke Yerusalem.

    4. Yunani: Ikan di menu

    Di seluruh Yunani, orang-orang akan merayakan kedatangan Kristus yang penuh kemenangan ke Yerusalem dengan makan ikan, meskipun saat ini sedang masa Prapaskah dan umat Gereja Ortodoks Yunani tidak makan ikan (bersama dengan makanan lain, seperti daging) selama 40 hari ini. Tradisi ini bermula dari zaman Yunani kuno ketika telapak tangan berbentuk salib, yang kita kenal sekarang dibagikan dalam bentuk ikan, salah satu tanda awal masuknya agama Kristen ke Yunani.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI