Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Katedral Maria Ratu Arab

BAHRAIN, Pena Katolik – Katedral Maria Ratu Arab dibangun dengan struktur berbentuk bahtera yang dapat menampung 2.300 orang. Peresmian dan penahbisannya pada 9-10 Desembeer 2021 akan menjadi akhir dari perjalanan yang dimulai pada 11 Februari 2013 saat Pesta Maria Lourdes. Saat itu, keputusan untuk membangun Katedral Maria Ratu Arab diambil.

Tanah yang digunakan untuk membangun Katedral Maria Ratu Arab adalah hadiah dari Raja Hamad bin Isa Al Khalifa, Raja Bahrain. Tanah itu dihibahkan sejak 2002. Raja yang sama akan meresmikan katedral ini pada 9 Desember, sehari sebelum pentahbisannya.

Raja secara pribadi mempersembahkan model katedral kepada paus pada tahun 2014. Katedral adalah bagian dari kompleks sekitar 95.000 kaki persegi di Awali, sebuah kota kecil di pusat negara, yang memiliki populasi 1,7 juta orang dan terletak di sebelah timur Arab Saudi dan barat Qatar.

Katedral Maria Ratu Arab. IST

Segera setelah Mgr. Camillo Ballin, Vikaris Apostolik Arabia Utara, mendengar bahwa raja telah memberikan tanah itu untuk sebuah katedral, ia berterima kasih kepada Bunda Maria atas keajaibannya. Di Katedral Maria Ratu Arab aka nada patung polikrom Maria Ratu Arab.

Gelar Maria Ratu Arab disetujui pada tahun 1948. Pada saat itu, sebuah kapel kecil di Ahmadi, Kuwait. Perayaan Maria Ratu Arab ditetapkan pada 8 Desember.

Pada tahun 1957, Pius XII mengeluarkan dekrit yang menyatakan Maria Ratu Arab sebagai pelindung utama wilayah itu dan Vikariat Apostolik Kuwait. Pada tahun 2011, Vatikan secara resmi menyatakan Maria Ratu Arab sebagai santo pelindung vikariat Kuwait dan Arab. Belakangan tahun itu, Tahta Suci mereorganisasi Vikariat Kuwait, memberinya nama baru Vikariat Apostolik Arab Utara, dan termasuk wilayah Qatar, Bahrain, dan Arab Saudi.

Tahta episkopal Ballin dipindahkan dari Kuwait ke Bahrain, di mana ada umat Kristen yang signifikan, diperkirakan sekitar 15% dari populasi. Diperkirakan ada 80.000 umat Katolik di Bahrain, banyak di antaranya adalah pendatang dari Asia, khususnya Filipina dan India.

Sayang, Mgr. Ballin meninggal pada 12 April 2020, pada usia 75 tahun. Ia adalah tokoh penting yang melihat mimpinya tentang sebuah katedral yang didedikasikan untuk Maria Ratu Arab terwujud di Bahrain.

Dalam sebuah wawancara tahun 2014 dengan CNA, uskup Italia itu meminta para umat “berdoa agar Perawan Maria mengirimkan dermawan” untuk mendanai pembangunan katedral.

Foto saat pembangunan Katedral St Maria Ratu Arab. Arabnews

Pondasi St Petrus

Paus Fransiskus telah menunjukkan dukungannya untuk Katedral Maria Ratu Arab di Teluk Persia. Paus memberikan batu bata dari Basilika Santo Petrus di Roma sebagai batu fondasi bangunan. Vikaris apostolik Arabia utara, Mgr. Ballin lalu memberkati batu fondasi untuk Katedral Maria Ratu Arab yang baru di kota Awali di Bahrain.

Batu bata itu diambil dari Pintu Suci Basilika, pintu masuk paling utara yang biasanya disemen tertutup. Pintu itu dibuka oleh Santo Yohanes Paulus II pada tahun 2000 untuk merayakan tahun Yobeleum. Juga oleh Paus Fransiskus pada Yubeleum Luar Biasa Kerahiman Ilahi tahun 2015.

Raja Bahrain Hamad bin Isa Al Khalifah memberi Paus Fransiskus model skala bangunan katedral di Vatikan saat keduanya bertemu tahun 2014. Gereja berkapasitas 2.500 tempat duduk itu “tidak hanya akan menjadi pusat utama bagi umat Katolik dari seluruh Bahrain tetapi juga bagi umat Katolik dari negara-negara tetangga di kawasan itu, terutama dari Arab Saudi terdekat, di mana tidak mungkin untuk membangun gereja Kristen manapun”.

Ada 100.000 umat Katolik di Bahrain di antara populasi 1,3 juta, di antaranya sekitar 250.000 adalah non-warga negara. Sekitar 2.000 umat Katolik adalah orang Bahrain, sebagian besar keturunan Timur Tengah. Sampai saat ini hanya ada dua gereja Katolik di negara ini. Orang-orang Kristen di Arab Saudi, yang mencakup 1,5 juta pekerja migran Katolik Filipina dan India.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini