33.5 C
Jakarta
Monday, April 29, 2024

Kisah Perjuangan dari Imam Terakhir yang Bertugas di Militer Amerika Serikat di Afganistan

BERITA LAIN

More
    Pastor Daniel L. Mode. ALeteia

    NEW YORK, Pena Katolik – Pastor Daniel Mode adalah imam terakhir yang bertugas untuk Kesatuan SEAL “Lone Survivor” di Afghanistan. Setelah kembali ke Amerika Serikat (AS), ia menjadi kepala layanan kerohanian Penjaga Pantai AS. Ia menjadi imam Katolik pertama yang memegang peran itu dalam 12 tahun.

    Namun Pastor Mode, 57, mengatakan bahwa misi terbesarnya adalah membawa kedamaian Yesus Kristus kepada anggota dinas dan warga sipil yang dia layani.

    “Perdamaian adalah semacam mantra saya,” kata Pastor Mode.

    Pastor Mode tumbuh dalam keluarga Angkatan Laut dan sering berpindah-pindah. Ia bersekolah di Bishop Denis J. O’Connell High School di Arlington, Virginia, saat remaja. Dia ditahbiskan pada tahun 1992 di Keuskupan Arlington, di mana dia melayani selama 13 tahun di Paroki Ratu Para Rasul di Alexandria dari tahun 2001 hingga 2005.

    Pastor Mode ditugaskan sebagai imam ke Afghanistan pada tahun 2005. Selama tugasnya, ia berhadapan langsung dengan realitas perang.

    “Saya mengalami kematian pertama saya,” katanya. “Prajurit itu tewas dalam pelukan saya di rumah sakit lapangan di Kandahar.”

    Setelah melayani selama 22 bulan, Pastor Mode mengatakan dia menyadari “kebutuhan luar biasa akan imam dan merasakan “panggilan dalam panggilan”. Ia tergerak untuk terus melayani mereka.

    Sejak menerima izin uskupnya untuk menjadi imam militer aktif penuh waktu pada tahun 2007, Pastor Mode telah bekerja untuk membagikan kedamaian Tuhan dalam pelayanannya di seluruh dunia. Dia telah menghabiskan sembilan tahun di luar negeri, tujuh tahun di kapal dan bahkan di kapal induk.

    “Saya telah melayani di tempat-tempat yang sangat terpencil dan tempat-tempat yang sangat jauh,” kata Pastor Mode.

    Kesedihan tim SEAL

    Bagaimana dia bertahan menghadapi tantangan yang luar biasa seperti seorang pendeta dan pendeta militer? Pastor Mode sekarang berpangkat kapten Angkatan Laut, menjelaskan bahwa “Tuhan adalah yang utama dalam hidup”.

    “Juruselamat saya adalah Yesus yang memberi saya harapan untuk masa depan. Saya percaya pada kasih karunia, dan saya percaya bahwa Tuhan memberi kita kasih karunia untuk melanjutkan.”

    Pada Juni 2005, Pastor Mode bertugas sebagai pendeta Angkatan Laut, berpindah dari satu Pangkalan Operasi Depan (FOB) ke Pangkalan Operasi Depan (FOB) lainnya setiap beberapa hari.

    Suatu hari Mode menerima kabar bahwa SEAL Team 10 sangat membutuhkan seorang imam setelah sekelompok elit SEAL disergap dan dibunuh oleh pejuang Taliban. Saat itu, hanya ada satu tentara yang selamat, Marcus Luttrell.

    “Saat itu terjadi, Navy SEAL secara khusus meminta seorang imam Angkatan Laut,” jelas Pastor  Mode. “Hanya ada sedikit dari kita pada saat itu, Jadi, saya dikirim ke sana selama berminggu-minggu untuk merawat mereka. Itu memang tragis dan sangat bersejarah, terutama untuk Navy SEAL, dan sebenarnya mereka adalah korban jiwa terbesar, hingga saat itu, dari anggota militer Amerika di Afghanistan,” kata Mode.

    Luttrell kemudian menulis buku tentang pengalamannya yang mengerikan, berjudul Lone Survivor (Back Bay Books, 2008), yang kemudian diubah menjadi film besar yang dibintangi oleh aktor Katolik Mark Wahlberg. Namun sangat sedikit yang tahu bahwa ketika bencana melanda Tim SEAL 10, pria yang menanggapi permintaan bantuan itu adalah seorang imam Katolik.

    Pastor Mode menggambarkan waktunya melayani unit yang dilanda tragedi sebagai “beberapa minggu pelayanan yang intens”. Selain melayani mereka yang tertinggal, dia menemani anggota dinas yang gugur untuk kembali ke rumah dan berpartisipasi dalam “upacara ramp” mereka, di mana pengorbanan mereka dihormati di markas mereka.

    Terinspirasi oleh ‘Grunt Padre’

    Pastor Mode, yang memiliki gelar dalam teologi dan sejarah Gereja. Ia bersekolah di sekolah imam Angkatan Laut di Newport, Rhode Island. Ia menyadari bahwa sebuah kapal berlabuh di dekatnya, jalan terdekat, dan bahkan sekolah itu sendiri semuanya dinamai penerima Medali Kehormatan. Salah satunya adalah Pastor Vincent Capodanno, seorang pendeta Angkatan Laut selama Perang Vietnam.

    Pastor Capodanno mengabdikan dirinya dengan sepenuh hati kepada Marinir dalam perawatannya, memberikan perhatian khusus kepada anggota layanan berpangkat paling rendah, yang disebut “mendengus”. Pastor Capodanno menjadi pendamping tercinta dan ayah para prajurit, hidup, makan, dan tidur dalam kondisi paling keras bersama mereka. Dedikasinya membuatnya mendapat julukan Grunt Padre.

    Pada tur kedua Capodanno di Vietnam pada tahun 1967, unitnya ditembaki oleh penyergapan Vietnam Utara. Sudah terluka parah, Pastor Capodanno bergegas membantu seorang pria yang terluka dan ditembak mati oleh tembakan musuh.

    “Itu menginspirasi saya. Saya masih di seminari saat itu, dan saya memutuskan untuk menulis tesis master saya tentang dia. Jadi, saya menghabiskan dua setengah tahun berikutnya untuk meneliti dan menulis tentang kehidupannya,” jelas Mode.

    Tesis Mode akhirnya menjadi sebuah buku, The Grunt Padre: Pastor Vincent Robert Capodanno, Vietnam, 1966-1967 dan diterbitkan CMJ Marian Publishers, 2000. Pastor Mode mengatakan kepada CNA bahwa tujuan Pastor Capodanno untuk kanonisasi telah disetujui oleh tingkat keuskupan dan sekarang sedang berlangsung di Vatikan. Dengan satu keajaiban yang telah dikaitkan dengan perantaraan Pastor Capodanno, penyebabnya sekarang sedang dipertimbangkan untuk tingkat berikutnya.

    Sebagai ahli kehidupan dan pelayanan Pastor Capodanno, Pastor Mode terus dipanggil oleh hierarki Gereja untuk memberi nasihat tentang proses kanonisasinya. Sebagai seorang pendeta Angkatan Laut sendiri, Pastor Mode mengatakan bahwa Pastor Grunt Padre memiliki pengaruh yang luar biasa dalam pelayanannya.

    “Hidupnya, kesaksiannya, perhatian spiritualnya telah memengaruhi saya,” kata Mode. “Di Afghanistan, saya sering berkata, ‘Apa yang akan dilakukan Pastor Capodanno dalam situasi ini?’ Baik dengan Navy SEAL, dengan semua unit lain yang bersama saya, dengan kematian ini atau dengan orang yang datang untuk situasi konseling yang sulit, apa yang akan dilakukan Pastor Capodanno?”

    Peran Baru

    Pada April 2022, Pastor Mode ditunjuk sebagai kepala pendeta untuk Penjaga Pantai AS, peran yang berbasis di Washington, D.C., di mana dia mengawasi 157 pendeta lain dari berbagai agama. Ke mana pun dia pergi, Pastor Mode berkata, “hal terbesar yang saya dengar dari semua orang adalah, ‘Kami ingin pendeta lain,’ dan itu kembali ke apa yang kami katakan: Orang menginginkan gembala mereka.”

    Bahkan dalam peran barunya ini, Pastor Mode terus mendengar panggilan jelas yang sama dari Tuhan untuk membagikan kedamaian Kristus. Di kemiliteran, ada tradisi para panglima memberikan koin kenang-kenangan sebagai simbol kehormatan.

    “Saat saya menjadi imam Penjaga Pantai,” kata Pastor Mode, “Saya harus merancang koin itu. Dan di bagian bawah koin itu, saya memiliki kata ‘PAX’ yang berarti ‘perdamaian’ dalam bahasa Latin.” (AES)

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI