Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Kisah Seorang Suster yang Dikenang karena Pernah Membodohi Nazi dengan empat Peti Mati

Sr. Luisidia Casagrande. ALeteia

VERONA, Pena Katolik – Sr. Luisidia Casagrande melayani sebagai seorang perawat di laboratorium klinis di Rumah Sakit Borgo Trento, Verona Italia. Ia sudah bekerja di tempat itu selama 68 tahun. Ia wafat pada 7 Januari 2023, setahun lalu pada usia 104 tahun.

Apa yang dapat dikenang dari biarawati itu adalah julukannya sebagai “malaikat laboratorium”. Semasa Perang Dunia II, ia berhasil menyelamatkan alat-alat kesehatan dan obat-obatan penting selama Perang Dunia II dengan tipu muslihat yang cerdik.

Lina (nama aslinya) lahir pada tanggal 20 Juni 1918, di provinsi Treviso dari keluarga yang sederhana. Ia mengikrarkan kaul religious pada usia 20 tahun 1938, tetapi panggilan itu datang ketika dia masih seorang gadis muda yang belum genap 14 tahun. Ketika dia memberi tahu ayahnya tentang niatnya untuk menjadi seorang biarawati, sang ayah tidak keberatan. Ayahnya menasihati untuk memikirkan dengan hati-hati agar tidak perlu menyesali di kemudian hari.

Sebagai Perawat

Setahun setelah mengucapkan kaulnya, ia memperoleh diploma sebagai perawat profesional dengan izin dari institutnya, Suster-Suster Cinta Kasih dari Verona. Ia mulai bekerja pada tahun yang sama di laboratorium klinis. Ia menjadi suster pertama yang bekerja di laboratorium itu.

“Kisah Luisidia adalah kisah yang luar biasa,” kata Callisto Marco Bravi, direktur umum Perusahaan Rumah Sakit Universitas Terpadu Verona.

Sr. Luisidia sangat fokus merawat pasien dengan cinta dan martabat, sebagai manusia utuh, bahkan ketika dia hanya berurusan dengan sampel untuk dianalisis. Ia suka mengatakan, “Mari kita ingat bahwa dalam tabung reaksi pertama-tama ada seorang pasien, tidak peduli seberapa kecilnya, selalu ada orang yang utuh.”

Menipu Nazi

Ada sebuah episode yang menunjukkan kekuatan dan karakter Sr. Luisidia yang memiliki fisik mungil namun semangat berapi-api. Hingga di saat-saat akhir hayatnya, ia sendiri masih menceritakannya dengan ingatan yang jelas.

Saat itu tahun 1943, di pagi hari Sr. Luisidia berangkat ke rumah sakit sebelum orang Jerman. Jadi, hari demi hari, ia akan mengambil bahan dan peralatan kecil, yang diperlukan untuk melakukan pemeriksaan yang paling mendesak. Di laboratorium, ada peti mati dari pemerintah kota untuk orang miskin. Ia mengisi empat dari peti itu dengan beberapa bahan kesehatan yang diperlukan. Lalu ia menelepon mobil jenazah. Pengemudi itu adalah orang yang bisa dipercaya. Ia memuat empat peti mati dan ia juga masuk ke dalam mobil. Alih-alih membawa mereka ke pemakaman, mobil itu membawa mereka ke rumah sakit militer di Piazzetta Santo Spirito, tempat pasien Rumah Sakit Sipil dirawat.

Pada malam tanggal 5 Juli 1944, dia berada di rumah sakit militer ketika sebuah bom menghancurkan segalanya. Empat puluh lima pasien di bangsal bedah dan lima saudara perempuannya meninggal. Suster Luisidia berusaha mati-matian untuk menyelamatkan mereka tetapi tidak berhasil. Siapa yang tahu berapa banyak rasa sakit yang dia tanggung di hatinya karena hari itu?

Siapa yang tahu berapa banyak petugas kesehatan yang terinspirasi oleh teladannya, oleh kemampuannya untuk bekerja dengan cinta, karena seperti yang ditulis Gibran: “(…) ketika Anda bekerja dengan cinta, Anda menjalin ikatan dengan diri sendiri, dengan orang lain, dan dengan Tuhan.”

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini