29.4 C
Jakarta
Friday, May 3, 2024

Gereja Katolik Mungkin akan Segera Memiliki Santo Samurai untuk Pertama Kali

BERITA LAIN

More
    Beato justus Takayama Ukon. IST

    VATIKAN, Pena Katolik – Vatikan saat ini sedang menyelidiki mukjizat yang terkait Beato Justus Ukon Takayama. Langkah ini dapat mengarah pada kanonisasi santo samurai pertama Gereja.

    Uskup Agung Osaka, Kardinal Thomas Aquinas Manyo Maeda mengungkapkan pada hari Kamis, 21 Desember 2023, bahwa penyelidikan Vatikan terhadap mukjizat tersebut sedang berlangsung.

    “Kami berdoa agar penyelidikan mukjizat Ukon selesai dan disetujui setidaknya dalam satu atau dua tahun ke depan,” kata Kardinal Maeda.

    Kardinal Maeda mengungkapkan penyelidikannya setelah Misa khusus untuk menghormati Takayama di Katedral Manila di Filipina. Kardinal dan 30 peziarah Jepang lainnya melakukan perjalanan ke Manila pada 18-22 Desember sebagai bagian dari ziarah tahunan ke lokasi pengasingan dan kematian Takayama.

    Pejuang Jepang

    Beato Takayama adalah seorang pejuang Jepang yang terkenal pada zamannya dan seorang yang terpelajar dan berbudaya. Beato Takayama meninggalkan kekuasaan dan harta bendanya daripada melepaskan iman Kristennya. Karena pembangkangannya, Beato Takayama diasingkan dari Jepang. Ia melarikan diri bersama 300 orang Kristen lainnya ke Filipina di mana ia meninggal pada tahun 1615.

    Pada tahun 2016, Paus Fransiskus menyetujui dekrit yang menetapkan kematian Beato Takayama sebagai martir. Ia secara resmi dibeatifikasi pada bulan Februari 2017 sebagai orang kudus samurai pertama Gereja. Vatikan harus menyetujui setidaknya satu mukjizat terverifikasi yang dikaitkan dengan perantaraan Beato Takayama, sehingga ia dapat dinyatakan sebagai santo.

    Samurai, jenderal, penguasa… santo?

    Beato Takayama lahir di sebuah kastil dari keluarga bangsawan Buddha Jepang pada tahun 1552. Beato Takayama dibesarkan menjadi seorang pejuang dan teladan semangat dan budaya Jepang. Beato Takayama adalah daimyo: anggota kelas penguasa feodal yang menguasai wilayah luas dan berhak mengumpulkan tentara.

    Ketika ia berusia 11 tahun, ayah Beato Takayama, Hida-no-Kami Takayama, menantang seorang pengkhotbah Kristen, pengikut pribadi St. Francis Xavier, untuk berdebat. Meskipun ayah Beato Takayama bermaksud untuk mengakhiri dakwah Kristen, dia akhirnya sangat terkesan dengan argumen Kristen sehingga dia masuk agama tersebut bersama putranya.

    Oleh karena itu, Takayama dibaptis sebagai seorang Katolik pada usia 11 tahun, dan meskipun terjebak dalam perang dan pergolakan politik, ia dan ayahnya dapat menggunakan pengaruh mereka untuk mendukung kegiatan misionaris di Jepang, sebagai pelindung umat Kristen Jepang dan umat Kristiani. para misionaris.

    Menurut wawancara CNA tahun 2014 dengan Pastor Anton Witwer, postulator umum Serikat Yesus yang mengemukakan tujuan beatifikasi Takayama, Takayama dan ayahnya memengaruhi perpindahan agama puluhan ribu orang Jepang.

    Menurut tulisan para pendeta misionaris, Takayama menghabiskan waktu berjam-jam dalam doa dan meditasi sepanjang hidupnya, terutama di hari-hari terakhirnya ketika penganiayaan Jepang semakin parah.

    Setelah bertahun-tahun pertumbuhan misionaris, penganiayaan brutal terhadap iman Katolik terjadi di bawah pemerintahan kanselir Jepang Toyotomi Hideyoshi. Hideyoshi meminta seluruh umat Katolik di Jepang untuk meninggalkan agamanya atau menghadapi konsekuensinya. Konon Hideyoshi bahkan menyalib pria dan wanita Katolik untuk dijadikan teladan bagi mereka.

    Meskipun bertahun-tahun mengabdi dengan setia kepada Jepang sebagai pejuang, jenderal, dan tuan feodal, Takayama dihadapkan pada ultimatum untuk meninggalkan keyakinannya atau kekuasaan feodalnya. Menurut organisasi Filipina Lord Takayama Jubilee Foundation, Takayama bersedia mematuhi atasan feodalnya dalam segala hal kecuali jika menyangkut keyakinannya. Dia memilih untuk menyerahkan kekuasaannya daripada mencela Tuhannya. Karena hal ini Takayama dicopot dari pangkat dan wewenangnya.

    Dia terus hidup dalam kemiskinan di Jepang selama beberapa tahun, namun penganiayaan terus memburuk. Pada tahun 1614, Takayama dan sekitar 300 orang Kristen lainnya diasingkan dari Jepang. Takayama memimpin kelompok tersebut ke Filipina di mana mereka dapat menjalankan keyakinannya dengan bebas. Namun, masa tinggal Takayama di Filipina tidaklah lama karena ia meninggal 44 hari setelah tiba di Filipina, pada tanggal 4 Februari 1615, yang kabarnya disebabkan oleh “kelemahan yang disebabkan oleh penganiayaan yang dideritanya di tanah airnya”.

    Kata-kata terakhirnya adalah mengajak cucu-cucunya untuk berdiri teguh dalam iman Kristen.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI