34.3 C
Jakarta
Tuesday, April 30, 2024

Doa St. Gertrude Agung: Doa yang Dipanjatkan dengan Khusyuk, akan Melepaskan 1.000 Jiwa dari Api Penyucian

BERITA LAIN

More
    St Gertrude Agung. ISt

    Pena Katolik – Bulan November didedikasikan untuk jiwa-jiwa di Api Pencucian. Kita diingatkan akan panggilan Gereja agar kita berdoa bagi jiwa-jiwa. Salah satu santo bulan November, St. Gertrude Agung, terkenal karena teladan dalam membantu jiwa di Api Penyucian. Apa yang kita pelajari melalui St. Gertrude dapat membantu kita memiliki semangat baru untuk tema liturgi bulan November.

    Hari rayanya jatuh pada tanggal 16 November, tepat di tengah bulan. Dia adalah orang suci yang membantu kita memiliki hati lebih ke dalam iman kita, baik melalui devosi kita kepada Hati Kudus atau kasih sepenuh hati kita yang dipersembahkan kepada mereka yang menderita di Api Penyucian.

    Lahir pada tahun 1256, St. Gertrude memasuki sekolah biara pada usia sekitar empat atau lima tahun. Di sekolah, ia terkenal brilian. Pendidikan yang diraihnya merupakan hal yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi seorang wanita pada zamannya. Dia menjadi mahir dalam segala hal mulai dari filsafat hingga melukis.

    Meskipun ia dilahirkan sekitar 400 tahun sebelum St. Margaret Mary Alacoque, ‘Rasul Hati Kudus’ yang terkenal, St. Gertrude adalah devosan awal Hati Kudus. Ia adalah seorang mistikus, yang menganggap dirinya adalah pengantin Kristus. Dia mendapat penglihatan terkenal tentang St. Yohanes yang Terkasih, yang mengatakan kepada St Gertrude bahwa ketika dia menyandarkan kepalanya di dada Yesus Kristus, pada malam Perjamuan Terakhir, dia telah mempelajari rahasia dan devosi yang tidak dia catat dalam Kitab Suci. Hal itu harus disimpan untuk generasi selanjutnya ketika cinta dunia telah menjadi dingin. Tulisan-tulisan St. Gertrude membantu menyiapkan panggung agar devosi kepada Hati Kudus Yesus berkembang di seluruh dunia.

    Namun yang mungkin paling terkenal dari St. Gertrude adalah doa yang menyandang namanya, yang dikenal sebagai “Doa St. Gertrude Agung untuk Jiwa-Jiwa di Api Penyucian.” Yesus berjanji kepada St. Gertrude bahwa setiap kali doa dipanjatkan dengan khusyuk, Dia akan melepaskan 1.000 jiwa dari Api Penyucian.

    Inspirasi St. Gertrude

    Tiga kutipan dari St. Gertrude Agung yang menjadi panduan bagi kita dalam kehidupan doa kita dan menjadi inspirasi khusus di bulan November ini:

    1. Setiap kali kita memandang Sakramen Mahakudus, tempat kita di surga terangkat selamanya.

    Sekali lagi, St. Gertrude mengingatkan kita akan kehidupan kekal kita, bahwa apa yang kita lakukan di bumi ini sangat berarti bagi kehidupan kita setelah kematian. Untuk menghayati pedoman kutipan ini, kita hendaknya berupaya untuk sering menghadiri Misa, tidak hanya pada hari Minggu.

    2. Rasa syukur atas penderitaan adalah permata berharga bagi mahkota surgawi kita

    Manusia harus selalu percaya dengan teguh bahwa Tuhan mengirimkan cobaan yang paling bermanfaat baginya. Para orang tua Katolik, selama berabad-abad, telah mengajarkan anak-anak mereka untuk “mempersembahkannya” bagi Jiwa Kudus ketika ada kesulitan yang menghadang anak mereka. Dan para santo dan paus besar telah menegaskan praktik ini.

    Marilah kita mempersembahkan penderitaan kita demi bantuan orang lain dan, pada akhirnya, demi kebaikan jiwa kita sendiri. Jika kita bersikap mulia terhadap penderitaan duniawi kita, kemungkinan besar kita akan mengalami lebih sedikit waktu di Api Penyucian.

    3. Doa St. Gertrude: “Ya Tuhan, aku mempersembahkan kepadamu pekerjaan ini melalui Putra-Mu yang tunggal, dalam kuasa Roh Kudus, untuk memuji keagungan abadi-Mu.”

    St Gertrude berdoa ini secara teratur; dia diajari oleh Tuhan kita bahwa tindakan apa pun yang dilakukan dengan doa ini akan memiliki nilai yang tinggi di mata Tuhan. Dengan bantuan St. Gertrude kita menyadari bahwa kita tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan, betapapun kecil atau biasa-biasa saja, untuk mempersembahkan segalanya demi kemuliaan Tuhan.

    Untuk merayakan teladan St. Gertrude pada bulan ini, dan mengikuti teladan salehnya, kita dapat menambahkan “Doa Jiwa Kudus” ke dalam setiap Rosario kita panjatkan bulan ini. Bagikan doa indahnya kepada seorang teman dan dorong mereka untuk mendoakannya bersama Anda.

    Anda dapat mengunjungi kuburan dan berdoa bagi mereka yang tidak ada seorang pun yang mendoakan mereka. Kita dapat berdoa khusus di rumah yang ditujukan untuk membantu Jiwa Suci; dan berdoa sepanjang bulan melalui perantaraan St. Gertrude.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI