34.3 C
Jakarta
Tuesday, April 30, 2024

Maison DesChamps: Spider-man Pembela Kehidupan yang baru saja ditangkap?

BERITA LAIN

More
    Maison DesChamps

    CHICAGO, Pena Katolik – Pada 10 Oktober 2023, Maison DesChamps yang berusia 24 tahun sedang memanjat bebas bagian luar Menara Accenture 40 lantai yang bersejarah di Chicago. Ia memanjat dengan satu pemikiran: menyelamatkan nyawa seorang anak yang belum lahir.

    Aksi itu, yang telah dia lakukan beberapa kali sebelumnya di gedung pencakar langit yang berbeda di seluruh Amerika Serikat, berakhir dengan penangkapannya oleh Kepolisian Chicago. Namun, ada kelegaan dari banyak orang yang menyaksikan ia menyelesaikan “tugasnya”.

    Pada panjatan terakhir itu, DesChamps berhasil mengumpulkan lebih dari $20.000 untuk seorang wanita bernama Sierra. Wanita itu tertekan dan hamper melakukan aborsi karena kurangnya sumber daya keuangan dan dukungan material untuk kehidupannya.

    Pendakian DesChamps dilakukan dalam upaya mengumpulkan dana untuk Sierra atas nama organisasi pro-kehidupan Let Them Live. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan $27.000. Sampai kini, sumbangan masih mengalir untuk Sierra.

    Free Solo adalah istilah yang digunakan untuk gaya pendakian yang tidak menggunakan alat bantu apa pun. Sebagai aktivis publik yang pro-kehidupan selama hampir dua tahun, DesChamps mendapat julukan “Spider-man Pro-kehidupan” karena berbagai prestasinya. Tapi siapakah pendaki bebas yang berisiko ini? Dan dari mana dia mendapatkan ide untuk membangun gedung pencakar langit bagi bayi yang belum lahir?

    Sedikit Takut

    DesChamps kini telah menyelesaikan tujuh pendakian penggalangan dana di gedung pencakar langit kota. Atas aksinya ini, ia sering muncul di berita malam dan di penjara.

    “Kami akan bersuara dan membela bayi-bayi yang tidak memiliki suara ini,” kata DesChamps kepada FOX 2 Detroit. Ia mengatakan ini setelah mendaki salah satu gedung berlantai hampir 40 yang merupakan bagian dari Renaissance Center yang terkenal di kota itu.

    Setelah ditangkap pada Mei 2022 karena memanjat Salesforce Tower 61 lantai di San Francisco, DesChamps mengatakan kepada ABC7 bahwa, “Para dokter aborsi telah benar-benar membunuh bayi-bayi ini di atas meja dan membiarkan mereka mati.”

    “Kami tidak mencoba meneriaki perempuan yang ingin melakukan aborsi, kami tidak ingin menyalahkan mereka. Kami hanya ingin memberi tahu mereka bahwa ada pilihan lain,” katanya.

    Setiap kali DesChamps memanjat menara, ribuan dolar dikumpulkan untuk seorang wanita agar tetap hidup bersama bayi dalam kandungannya. Tapi di sisi lain, DesChamps mempertaruhkan nyawanya sendiri dalam aksi ini. Dia sangat menyadari risiko saat dia melakukan pendakian berbahaya ini tanpa tali atau tali kekang.

    “Sebenarnya saya merasa sedikit takut. Saya sedikit gugup, tapi saya bisa mengatasinya dan saya melakukan banyak hal dengan rasa takut karena saya memikirkan apa yang dipertaruhkan,” kata DesChamps, dari Las Vegas, Nevada, kepada CNA pada 12 Oktober.

    Pada tahun 2022, DesChamps ditawari pekerjaan oleh Let Them Live, sebuah organisasi pro-kehidupan dengan misi untuk mendukung ibu hamil yang ragu untuk mempertahankan kehamilan, karena alasan finansial dan emosional. DesChamps diminta mendukung kampanye, sehingga para ibu dapat merasa percaya diri dalam memilih kehidupan. DesChamps memiliki tanggung jawab sebagai “duta besar”. Ia mempromosikan organisasi dengan cara apa pun yang dia bisa.

    Ketika dia ditawari pekerjaan itu, DesChamps segera keluar dari Universitas Nevada-Las Vegas – di mana dia telah mendedikasikan tiga tahun studinya untuk menjadi perencana keuangan. Ia lalu mulai melakukan pekerjaan pro-life.

    Berasal dari Michigan, dia mengatakan kepada CNA bahwa dia berpikir untuk menjadi perencana keuangan karena dia bisa mendapatkan gaji yang bagus dan menyumbang untuk tujuan pro-kehidupan. Tetapi, ia merasa panggilannya ada di tempat lain.

    “Saya pikir apa yang saya lakukan lebih penting karena saya bisa menginspirasi orang lain untuk berkorban, dan itulah yang perlu terjadi,” katanya.

    Pelatihan Memanjat Gedung

    Saat berlatih untuk pendakian terbarunya, DesChamps memanjat dinding batu di gym setempat hingga ia menempuh jarak sekitar 1.000 kaki. Dengan tinggi 5 kaki 7, 135 pon, DesChamps melakukan perjalanan dua hingga tiga kali sehari sampai dia merasa siap. Namun selama pelatihan, tendon di tangannya robek yang membuatnya mempertimbangkan untuk menunda pendakian.

    “Tetapi saya memutuskan daripada menunda pendakian, saya akan berusaha lebih keras dan tetap melakukannya karena saya tahu kita bisa menyelamatkan nyawa dengan mempertaruhkan nyawa saya sendiri,” katanya.

    Jadwal latihan DesChamps berlanjut sepanjang tahun. Selain itu, ia bahkan tidak mengunjungi gedung yang akan ia panjat sebelumnya. Terkadang, ia hanya mempelajari gedung itu melalui Google Maps.

    “Saya hanya melihat gedung itu dan berkata, ‘Oke, yang ini kelihatannya bisa dipanjat’ dan saya memanjatnya,” katanya.

    Protes Radikal

    DesChamps awalnya mendapat ide untuk memanjat gedung untuk tujuan pro-kehidupan dari seorang Prancis bernama Alain Robert, yang telah mencapai puncak gedung New York Times di Times Square pada tahun 2008, menggantungkan spanduk di atasnya bertuliskan “Pemanasan global membunuh lebih banyak orang dibandingkan 9/11 setiap minggunya.”

    DesChamps melihat Robert, yang dijuluki “The French Spider-Man,” dan berkata pada dirinya sendiri, “Saya bisa melakukan itu. Dan betapa kerennya jika ada protes radikal punk rock semacam ini untuk gerakan pro-kehidupan?” Pada saat itulah, “Pro-life Spider-man” lahir.

    DesChamps sendiri yang menaiki gedung New York Times pada tahun 2022 dan menawarkan perubahan pada pesan Robert dengan tandanya sendiri: “Aborsi Membunuh Lebih dari 9/11 setiap minggu!” The New York Times tidak pernah meliput kisah pendakian DesChamps, meskipun beberapa media nasional memuat berita tersebut. Namun, makalah tersebut meliput pendakian Robert pada tahun 2008.

    Pembicara Kristen

    DesChamps, sebelumnya penganut Katolik namun kemudian menjadi anggota Gereja Baptis Reformasi. Ia mengatakan bahwa dia berbicara tentang gerakan pro-kehidupan di seluruh negeri setiap akhir pekan sepanjang tahun. Ia mengadakan kampanye di sekitar 40 Gereja setiap tahunnya untuk Let Them Live.

    Pada bulan Agustus, dia menjadi pembicara tamu pada rapat umum di Ohio menjelang pemungutan suara di negara bagian itu pada bulan November. Ia mengusulkan untuk memasukkan hak aborsi ke dalam undang-undang.

    “Ini adalah pertempuran yang penting dan nyawa anak-anak kita dipertaruhkan,” kata DesChamps pada rapat umum tersebut. Pertemuan ini juga menampilkan bintang “The Passion of the Christ” Jim Caviezel, aktivis pro-kehidupan Abby Johnson, dan Uskup Tyler, Texas, Mgr. Joseph Strickland. Aksi ini dilakukan oleh kelompok advokasi Catholics for Catholics.

    Meskipun DesChamps tidak lagi mengidentifikasi dirinya sebagai Katolik, dia berkata, “Uskup Strickland, kawan saya. Saya memberi tahu orang-orang bahwa saya bukan Katolik, tetapi Uskup Strickland adalah uskup saya.”

    Penangkapan

    Ketika DesChamps ditangkap di puncak Menara Accenture awal bulan ini, Polisi Chicago mendakwanya dengan tindakan sembrono. Ia didakwa dengan pelanggaran pidana namun masih dalam kategori pelanggaran ringan. DesChamps telah ditangkap dalam enam dari tujuh pendakian pro-kehidupannya, tetapi hal itu tidak pernah mengganggunya.

    “Saya tidak keberatan masuk penjara jika itu dapat menyelamatkan nyawa. Salah satu perintah yang Tuhan berikan kepada kita adalah menyelamatkan mereka yang sedang menuju kematian…. Kita harus membuat pernyataan untuk menyelamatkan anak-anak ini.”

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI