Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Saat Bunda Maria Menjanjikan Keajaiban untuk Tiga Anak Gembala dan Menarik 70.000 Berkumpul untuk Melihatnya

Perarakan patung Maria Fatima di Fatima Portugal. IST

FATIMA, Pena Katolik – Anak-anak sedang menggembalakan sekawanan domba di luar desa kecil Fatima, Portugal, ketika mereka pertama kali melihat malaikat itu. Dia transparan, kata mereka, dan bersinar seperti kristal. Lucia Abobora saat itu berusia Sembilan tahun. Ia dan sepupunya Jacinta serta Francisco Marto yang berusia enam dan tujuh tahun tercengang.

“Jangan takut. Aku adalah malaikat perdamaian. Berdoalah bersamaku,’” Abobora — kemudian berganti nama menjadi Lucia de Jesus de dos Santos — menceritakan dalam memoarnya, “Fatima in Lucia’s Own Words,” yang diterbitkan pada tahun 1976.

Selama sisa tahun 1916, ketika Perang Dunia I berkecamuk di Eropa, malaikat itu menunjukkan dirinya dua kali lagi kepada anak-anak itu. Tetapi mereka tidak memberi tahu siapa pun apa yang telah mereka lihat.

Pada musim semi tahun 1917, sesuatu yang lebih luar biasa mulai terungkap — penglihatan yang akan menempatkan tiga anak di jalan menuju kesucian dan mengubah Fatima dari desa biasa menjadi tempat peziarahan Katolik yang dihormati dan dikunjungi oleh jutaan orang setiap tahun.

Perawan Maria menampakkan diri kepada anak-anak pada 13 Mei 1917 sebagai “seorang wanita berpakaian putih, bersinar lebih terang dari matahari, memancarkan sinar terang yang jelas dan intens,” tulis dos Santos. Dia berjanji untuk datang lagi pada tanggal 13 setiap bulan.

Jacinta memberi tahu ibunya tentang hal itu. Sementara saudara-saudaranya bercanda tentang penampakan itu, ibunya yang ketakutan membawa Lucia kepada pastor paroki yang memaksa mereka untuk mengakui kesalahannya. Namun, ia tidak mau.

Berita tentang penglihatan menyebar dari mulut ke mulut, dan pada bulan berikutnya sekelompok kecil orang menunggu bersama anak-anak untuk menyaksikan penampakan kedua 13 Juni 1917. Pada penampakan ketiga, pada 13 Juli 1917, anak-anak mengatakan Perawan Maria mengungkapkan tiga rahasia kepada mereka tentang masa depan.

Lucia dos Santos, Francisco Marto, dan Jacinta Marto. IST

Matahari di Musim Hujan

Pada 13 Agustus1917, anak-anak itu ditahan oleh pihak keamanan, yang membawa mereka dengan mobil ke Vila Nova de Ourem dengan harapan membuat mereka menarik kembali kesaksian mereka. Sekali lagi, mereka tidak mau.

Ribuan orang mulai berdatangan ke Cova da Iria, tempat penampakan Bunda Maria. Pada 13 September 1917, 30.000 orang hadir ketika dos Santos berkata, menyampaikan pesan dari sang Perawan Maria.

“Pada bulan Oktober saya akan melakukan mukjizat agar semua orang percaya,” begitu bunyi pesan Maria.

Oktober adalah masa ketika Eropa sudah mulai masuk musim dingin. Hujan mulai sering turun pada bulan ini. Hari itu, 13 Oktober 1917, kerumunan orang percaya telah membengkak menjadi sekitar 70.000 orang. Sekitar pukul dua siang, beberapa orang mulai melihat apa yang belakangan dikenal di Gereja Katolik sebagai “Keajaiban Matahari”.

Hari itu diawali dengan hujan yang deras. Namun, tepat di siang hari hujan yang melanda tiba-tiba saja berhenti. Seketika, matahari muncul dari balik awan untuk berputar dan bergetar selama 10 menit.

“Di depan mata orang banyak yang tercengang, yang aspeknya alkitabiah ketika mereka berdiri tanpa kepala, dengan penuh semangat mencari di langit, matahari bergetar, membuat gerakan luar biasa yang tiba-tiba di luar semua hukum kosmik — matahari ‘menari’ sesuai dengan ekspresi khas orang-orang,” begitu tulis laporan surat kabar O Seculo yang terbit di Lisabon.

Fenomena Aneh

“Melihat matahari, saya memperhatikan bahwa semuanya menjadi gelap. Pertama-tama saya melihat objek-objek terdekat dan kemudian mengarahkan pandangan saya lebih jauh sejauh cakrawala. Saya melihat semuanya telah diasumsikan warna amethyst. Objek di sekitar saya, langit dan atmosfer, memiliki warna yang sama. Semuanya baik yang dekat maupun yang jauh telah berubah, mengambil warna damask kuning tua,” kata José Maria de Almeida Garrett, seorang profesor sains dari Coimbra, Portugal, yang berada di tempat kejadian.

Terlihat dari jarak 25 mil

Ada alasan ilmiah yang dikemukakan untuk apa yang terjadi: Mungkin para saksi telah menatap matahari terlalu lama. Mungkin itu adalah kombinasi dari efek optik dan perubahan meteorologi nyata yang disebabkan oleh cuaca dan tutupan awan. Tetapi mukjizat itu diakui sebagai “layak dipercaya” oleh Gereja Katolik pada tahun 1930. Saat itu, Jacinta dan Francisco sama-sama meninggal karena wabah flu Spanyol yang menyerang juga Fatima, tak lama setelah penglihatan itu.

Lucia yang menceritakan tentang melihat satu penglihatan lagi tentang Perawan Maria pada tahun 1920, mengabdikan hidupnya kepada Tuhan dan menjadi seorang biarawati Karmelit.

Tiga Rahasia

Ada tiga rahasia yang disampaikan Bunda Maria pada ketiga anak gembala di Fatima itu. Yang pertama adalah visi (penglihatan) berakhirnya Perang Dunia I dan dimulainya Perang Dunia II. Kedua adalah kebangkitan dan kejatuhan Komunisme Soviet. Pada tanggal 14 Mei 2000, Kardinal Angelo Sodano mengungkapkan yang ketiga dari tiga rahasia — satu-satunya yang masih menjadi misteri. Rahasia ketiga menurut cardinal itu adalah penglihatan seorang uskup berbaju putih jatuh ke tanah di bawah hujan tembakan.

Ini ditafsirkan oleh gereja sebagai ramalan tentang upaya pembunuhan terhadap kehidupan Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1981. Paus memuji Perawan Maria dari Fatima karena telah menyelamatkan hidupnya.

Pada tahun yang sama dengan wahyu ini, Jacinta dan Francisco menjadi anak bungsu yang dibeatifikasi — langkah pertama untuk dikanonisasi — oleh Gereja Katolik Roma yang tidak mati sebagai martir. Tahun 2017, pada 13 Mei, Paus Fransiskus mengkanonisasi Jacinta dan Francisco dalam misa besar-besaran di Fatima.

Suster Lucia de Jesus dos Santos meninggal pada 2005, dalam usia 97 tahun. Proses beatifikasi juga telah dimulai baginya.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini