27.3 C
Jakarta
Thursday, May 2, 2024

Juan Diego dan Maria dari Guadalupe

BERITA LAIN

More
    Maria Guadalupa di Tilma yang dimiliki Juan Diego. IST

    MEXICO CITY, Pena Katolik – Maria Guadalupe (Spanyol: Nuestra Señora de Guadalupe), juga dikenal sebagai Perawan Guadalupe (Spanyol: Virgen de Guadalupe), adalah gelar Katolik Maria, ibu Yesus yang dikaitkan dengan serangkaian lima penampakan Maria pada bulan Desember 1531. Hingga kini penampakan ini meninggalkan gambar terhormat Perawan Maria pada jubah yang yang dikenakan Juan Diego. Gambar ini kini disimpan di Basilika Maria Guadalupe di Mexico City. Basilika ini adalah tempat suci Katolik yang paling banyak dikunjungi di dunia, dan situs suci ketiga yang paling banyak dikunjungi di dunia.

    Paus Leo XIII memberikan gambar itu dekrit penobatan kanonik pada 8 Februari 1887 dan dimahkotai secara kepausan pada 12 Oktober 1895.

    Menurut Nican Mopohua, sebuah catatan abad ke-17 yang ditulis dalam bahasa asli Nahuatl, Perawan Maria muncul empat kali kepada Juan Diego, seorang petani asli Meksiko Chichimec dan sekali kepada pamannya, Juan Bernardino.

    Penampakan pertama terjadi pada pagi hari Sabtu, 9 Desember 1531 (kalender Julian, yaitu 19 Desember menurut kalender Gregorian (proleptik) yang digunakan sekarang). Juan Diego mengalami penglihatan seorang wanita muda di sebuah tempat bernama Bukit Tepeyac, yang kemudian menjadi bagian dari Villa de Guadalupe, di pinggiran Mexico City.

    Menurut catatan, wanita tersebut, berbicara kepada Juan Diego dalam bahasa asli Nahuatl (bahasa Kekaisaran Aztec), mengidentifikasi dirinya sebagai Perawan Maria, “ibu dari dewa yang sangat sejati”.

    Wanita itu meminta sebuah gereja untuk didirikan di situs itu untuk menghormatinya. Berdasarkan kata-katanya, Juan Diego kemudian mencari Uskup Agung Mexico City, Mgr. Fray Juan de Zumárraga, untuk menceritakan apa yang telah terjadi. Tidak disangka, Uskup Agung tidak mempercayai Diego.

    Pada hari yang sama, Juan Diego kembali melihat wanita muda itu (penampakan kedua), perempuan it uterus mendesak Juan untuk menemui sang uskup.

    Keesokan harinya, Minggu, 10 Desember 1531 (kalender Julian), Juan Diego berbicara kepada Uskup Agung untuk kedua kalinya. Yang terakhir menginstruksikan dia untuk kembali ke Tepeyac Hill dan meminta wanita itu untuk benar-benar diterima, tanda ajaib untuk membuktikan identitasnya.

    Kemudian pada hari itu, penampakan ketiga terjadi ketika Juan Diego kembali ke Tepeyac; bertemu dengan wanita yang sama, dia melaporkan permintaan Uskup Agung untuk sebuah tanda, yang dia setujui untuk diberikan pada hari berikutnya (11 Desember).

    Namun, pada Senin, 11 Desember (kalender Julian), paman Juan Diego, Juan Bernardino, jatuh sakit, yang mengharuskan Juan Diego untuk merawatnya. Pada dini hari Selasa, 12 Desember (kalender Julian), kondisi Juan Bernardino memburuk semalam, Juan Diego pergi ke Tlatelolco untuk mendapatkan seorang imam Katolik untuk mendengar pengakuan Juan Bernardino dan membantu melayani dia di ranjang kematiannya.

    Untuk menghindari penundaan oleh Perawan dan malu karena gagal menemuinya pada hari Senin sesuai kesepakatan, Juan Diego memilih rute lain di sekitar Bukit Tepeyac, namun Perawan mencegatnya dan bertanya ke mana dia pergi (penampakan keempat).

    Juan Diego menjelaskan apa yang telah terjadi dan Perawan itu dengan lembut menegurnya karena tidak meminta bantuan padanya. Dalam kata-kata yang telah menjadi ungkapan paling terkenal dari penampakan Guadalupe dan tertulis di atas pintu masuk utama Basilika Guadalupe, dia bertanya “No estoy yo aquí que soy tu madre?” (“Bukankah aku di sini, aku siapa ibumu?”).

    Dia meyakinkannya bahwa Juan Bernardino sekarang telah pulih dan menyuruhnya mengumpulkan bunga dari puncak Bukit Tepeyac, yang biasanya tandus, terutama di bulan Desember yang dingin. Juan Diego mematuhi instruksinya dan dia menemukan mawar Kastilia, bukan asli Meksiko, bermekaran di sana.

    Sang Perawan mengatur bunga-bunga di tilma, atau jubah Juan Diego, dan ketika Juan Diego membuka jubahnya kemudian hari itu di hadapan Uskup Agung Zumárraga, bunga-bunga itu jatuh ke lantai, memperlihatkan pada kain gambar Perawan Guadalupe.

    Keesokan harinya, 13 Desember (kalender Julian), Juan Diego menemukan pamannya pulih sepenuhnya. Juan Bernardino menceritakan bahwa dia juga telah melihatnya, di samping tempat tidurnya (penampakan kelima)

    Perawan Maria telah menginstruksikannya untuk memberi tahu Uskup Agung tentang penampakan ini dan penyembuhan ajaibnya. Dia telah memberitahunya bahwa dia ingin dikenal dengan gelar ‘Guadalupe’.

    Uskup Agung menyimpan jubah Juan Diego, pertama di kapel pribadinya dan kemudian di gereja untuk dipajang di depan umum.

    Jubah itu menarik perhatian besar. Pada tanggal 26 Desember 1531, sebuah prosesi dibentuk untuk memindahkan gambar ajaib itu kembali ke Bukit Tepeyac di mana gambar itu dipasang di sebuah kapel kecil yang didirikan dengan tergesa-gesa.

    Selama prosesi ini, mukjizat pertama terjadi kepada seorang penduduk asli yang terluka parah di leher oleh panah yang ditembakkan secara tidak sengaja selama beberapa pertunjukan bela diri, yang dilakukan untuk menghormati Perawan. Dalam kesusahan besar, penduduk asli membawanya ke hadapan patung Perawan dan memohon menyelamatkan hidup orang itu. Setelah panah ditarik, korban sadar sepenuhnya dan segera pulih.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI