25.6 C
Jakarta
Friday, April 26, 2024

Padre Pio, Bernard dari Clairvaux dan Luka Bahu Kristus

BERITA LAIN

More

    Pena Katolik– Dua orang suci yang agung dengan penuh doa, dan dengan rasa sakit, berbakti pada luka Sengsara Kristus, “tidak dicatat oleh manusia …”

    Apa persamaan mistik abad pertengahan St. Bernard dari Clairvaux dan biarawan modern St. Padre Pio? Demikian awalan naskah yang saya peroleh dari Aleteia tentang mistikus Padre Pio, Bernard dari Clairvaux terkait luka Kristus.

    Mereka berdua adalah orang suci, berbagi dalam upah kekal yang telah Tuhan siapkan untuk mereka. Tapi di luar itu, keduanya memiliki pengabdian yang tulus pada Luka Bahu Kristus.

    SAINT BERNARD DARI CLAIRVAUX, alias Santo Bernard merupakan kepala biara dan mistik Prancis yang membantu memperbarui Ordo Cistercian di abad ke-12, menceritakan dalam sejarah Clairvaux percakapan yang dia lakukan dengan Tuhan. Dia berdoa, bertanya kepada Yesus tentang penderitaan terbesarnya yang tidak tercatat; dan Tuhan menjawabnya:

    “Aku memikul Salib-Ku saat Aku memikul Salib-Ku di Jalan Kesedihan, Luka pedih yang lebih menyakitkan daripada yang lain, dan yang tidak dicatat oleh manusia. Hormati Luka ini dengan pengabdianmu, dan aku akan mengabulkan apa pun yang kau minta melalui kebajikan dan jasanya. Dan sehubungan dengan semua orang yang akan memuliakan Luka ini, Aku akan mengampuni mereka semua dosa ringan mereka dan tidak akan lagi mengingat dosa berat mereka.”

    ST PIO OF PIETRELCINA yang dikenal dengan Santo Padre Pio adalah biarawan Kapusin, imam dan mistikus. Ia meninggal pada tahun 1968. Padre Pio dikenal sebagai bapa pengakuan dan orang suci yang selama lebih dari 50 tahun menanggung luka Kristus (stigmata) di tangan dan kakinya.

    Dalam sebuah buku yang diterbitkan dalam bahasa Italia oleh biara St Pio, berjudul Il Papa e Il Frate, penulis Stefano Campanella melaporkan bahwa calon dari St Pio pernah melakukan percakapan yang sangat menarik dengan Karol Wojtyla, calon Paus St Yohanes Paulus II.

    Menurut Campanella, Fr Wojtyla bertanya kepada Padre Pio luka mana yang paling menyakitkan. Fr Wojtyla mengharapkan Padre Pio mengatakan bahwa itu adalah luka di dadanya; tetapi sebaliknya Padre Pio menjawab, “Ini adalah luka di bahu saya, yang tidak diketahui oleh siapa pun dan tidak pernah disembuhkan atau dirawat.”

    Pada tahun 2008, 40 tahun setelah kematian Padre Pio, penulis Frank Rega menulis tentang Padre Pio:

    “Pada suatu waktu Padra [sic] menceritakan kepada Frater Modestino Fucci, sekarang penjaga pintu di biara Padre Pio di San Giovanni Rotondo, Italia, bahwa rasa sakit terbesarnya terjadi ketika dia mengganti kaos dalamnya. Bruder Modestino, seperti Pastor Wojtyla, berpikir bahwa Padre Pio mengacu pada rasa sakit dari luka di dada. Kemudian, pada tanggal 4 Februari 1971, Bruder Modestino diberi tugas menginventarisasi semua barang di sel almarhum Padre di biara, dan juga barang-barangnya di arsip. Hari itu dia menemukan bahwa salah satu kaus dalam Padre Pio memiliki lingkaran noda darah di area bahu kanan.”

    Pada malam itu juga, Bruder Modestino meminta Padre Pio dalam doa untuk mencerahkannya tentang arti kaos dalam yang berlumuran darah itu. Dia meminta Padre untuk memberinya tanda jika dia benar-benar menanggung luka bahu Kristus. Kemudian dia pergi tidur, terbangun pada jam 1 pagi dengan rasa sakit yang luar biasa dan menyiksa di bahunya, seolah-olah dia telah diiris dengan pisau sampai ke tulang bahu. Dia merasa akan mati karena rasa sakit jika terus berlanjut, tetapi itu hanya berlangsung singkat. Kemudian ruangan itu dipenuhi dengan aroma wangi bunga surgawi – tanda kehadiran spiritual Padre Pio – dan dia mendengar suara berkata, “Inilah yang harus saya derita!”

    Lanjut lagi untuk St Bernard dari Clairvaux, setelah menerima pesan dari Kristus mengenai rasa sakit yang dialaminya di bahunya, berusaha untuk mengembangkan devosi kepada Luka Bahu Kristus, dan menulis doa ini:

    Doa untuk Luka Bahu Kristus

    Yesus yang paling pengasih, Anak Domba Allah yang lemah lembut, aku, seorang pendosa yang malang, salut dan menyembah Luka Mahakudus di Bahu-Mu tempat Engkau memikul Salib berat-Mu yang begitu merobek daging-Mu dan membeberkan Tulang-tulang-Mu sehingga menimbulkan penderitaan bagi-Mu lebih besar dari luka lain pada Tubuh-Mu yang Terberkati. Aku memuja-Mu, ya Yesus yang paling berduka; Aku memuji dan memuliakan-Mu, dan berterima kasih kepada-Mu atas Luka yang paling suci dan menyakitkan ini, memohon kepada-Mu dengan rasa sakit yang luar biasa itu, dan dengan beban yang menghancurkan dari Salib-Mu yang berat untuk berbelas kasihan kepadaku, orang berdosa, untuk mengampuni aku semua yang fana dan dosa ringan, dan menuntunku menuju Surga di sepanjang Jalan Salib-Mu. Amin. (PEN@/Sam/Aleteia).

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI