25.6 C
Jakarta
Friday, April 19, 2024

Ziarah ke Basilika Santo Sebastian

BERITA LAIN

More
    Basilika st Sbastian. Vatican News

    ROMA, Pena Katolik – Basilika St. Sebastian di Luar Tembok Vatikan. Situs basilika ini memiliki area pemakaman bawah tanah yang besar. Di lokasi ini dimakamkan orang-orang Kristen awal, yang dikenal sebagai katakombe.

    Gereja pertama di situs ini dibangun selama penganiayaan Kristen, pada abad ke-3 Masehi. Menurut tradisi, sisa-sisa Santo Petrus dan Paulus disembunyikan di sini selama penganiayaan. Pada abad ke-4, Kaisar Konstantin membangun sebuah basilika besar di tempat ini, yang didedikasikan untuk mengenang para rasul, yang disebut Basilika Apostolorum.

    Sekitar tahun 350 M, relik Santo Sebastianus juga ditempatkan di katakombe ini dan baik basilika maupun tempat pemakaman bawah tanah didedikasikan untuk santo ini. Sebagai seorang Kristen dan anggota pangkat tinggi militer, Sebastian diam-diam dapat membantu orang-orang Kristen yang dipenjarakan oleh kaisar.

    Setelah tindakannya ditemukan, Diocletian menghukum Sebastian untuk disiksa dan ditembak mati dengan panah. Khawatir akan serangan Saracen, pada tahun 826, sisa-sisa orang-orang kudus dipindahkan ke Basilika Santo Petrus. Pada tahun 1218, Paus Honorius III mengembalikan jenazah Santo Sebastianus ke Basilika.

    Basilika itu sepenuhnya direkonstruksi pada abad ke-17. Fasad depan menampilkan kolom granit yang dulunya milik bekas basilika Konstantinus. Interiornya memiliki nave tunggal dengan langit-langit kayu berukir. Di sisi kanan, ada kapel relik, yang menyimpan batu yang diyakini mengandung jejak kaki Yesus dan panah yang menembus Saint Sebastian, bersama dengan fragmen kolom yang dia ikat selama kemartiran. .

    Juga, di dalam kapel relikui yang sama ini ada beberapa relik kecil yang konon berasal dari St Peter, St Paul, St Andrew, dan beberapa santo lainnya. Di sebelah kiri, kita melihat kapel St. Sebastian. Pada tahun 1672 Antonio Giorgetti memahat patung santo itu sendiri yang dapat dilihat di bawah altar.

    Basilika ini juga menyimpan mahakarya terakhir yang dibuat oleh Gian Lorenzo Bernini yang agung, Il Salvator Mundi, patung marmer yang menggambarkan Yesus Sang Juru Selamat. Sebagai peziarah di basilika ini, kita diingatkan bahwa St Sebastian dan para martir lainnya mencerminkan wajah Gereja. Ini adalah undangan untuk menjadi pembawa pesan Injil dengan keyakinan dan keberanian. Vatican News

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI