31.5 C
Jakarta
Tuesday, April 23, 2024

Rosario dan Doa Favorit St. Yohanes Paulus II

BERITA LAIN

More
    St Yohanes Paulus II saat berdoa Rosario. Aleteia

    VATIKAN, Pena Katolik – Pada awal kepausannya, St. Yohanes Paulus II memberitahu semua orang bahwa Rosario adalah doa favoritnya. Sebelum dia, seorang Paus jarang mengungkapkan preferensi pribadi, termasuk saat berdoa. Namun, St. Yohanes Paulus II tidak takut untuk mengungkapkan jenis doa favoritnya.

    Dalam pesan Angelus kedua dari kepausannya pada tahun 1978, St. Yohanes Paulus II berkata dengan jelas, “Rosario adalah doa favorit saya. Doa yang luar biasa! Luar biasa dalam kesederhanaan dan kedalamannya.”

    St Yohanes Paulus II menegaskan pernyataan ini dalam Surat Apostoliknya, Rosarium Virginis Mariae pada tahun 2002, menunjukkan bagaimana ia mengungkapkan aspek kehidupan spiritualnya begitu awal dalam kepausannya dan bagaimana hal itu terus menghiburnya di saat-saat baik dan buruk.

    Rosario telah menemani saya di saat-saat sukacita dan di saat-saat sulit. Untuk itu saya telah mempercayakan sejumlah masalah; di dalamnya saya selalu menemukan kenyamanan. Dua puluh empat tahun yang lalu, pada tanggal 29 Oktober 1978, hampir dua minggu setelah pemilihan saya menjadi Tahta Petrus, saya dengan jujur ​​mengakui: “Rosario adalah doa favorit saya.”

    Dalam arti tertentu, jika Anda ingin mengetahui semua alasan mengapa St. Yohanes Paulus II menyukai Rosario, Anda hanya perlu membaca Rosarium Virginis Mariae. Ini berisi studi mendalam tentang Rosario dan banyak alasan mengapa Paus Polandia menyukainya.

    St Yohanes Paulus II memang mencantumkan salah satu alasan utama mengapa dia menyukainya, menjelaskan bagaimana Rosario adalah jalan kontemplasi.

    “Alasan paling penting yang mendorong praktik Rosario adalah karena doa itu merupakan sarana yang paling efektif untuk membina umat beriman, bahwa komitmen untuk kontemplasi misteri Kristen yang telah saya usulkan dalam Surat Apostolik Novo Millennio Ineunte, mmerupakan latihan rohani yang otentik. Kita membutuhkan kehidupan Kristen yang dibedakan di atas segalanya dalam seni doa. Rosario termasuk di antara tradisi kontemplasi Kristen yang terbaik dan paling terpuji.”

    Bagi St. Yohanes Paulus II, Rosario tidak hanya menyediakan cara untuk merenungkan misteri Injil, tetapi juga memandang Maria, yang dia yakini sebagai “model kontemplasi. St Yohanes Paulus II melakukan semua yang dia bisa untuk mempromosikan Rosario selama masa kepausannya, berbagi dengan dunia dampaknya pada hidupnya, berharap itu dapat membantu kita dalam perjalanan spiritual kita sendiri.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI