Injil Markus dan Kaitan Erat dengan Petrus

0
1629
Yohanes Markus, Penulis Injil Markus. IST

Pena Katolik – Meskipun tidak ada bukti internal langsung tentang penilis Injil Markus, namun INjil ini tak lain adalah kesaksian dari Gereja Perdana bahwa Injil ini ditulis oleh Yohanes Markus (“Yohanes, juga disebut Markus,” Kis 12:12,25; 15:37). Bukti yang paling penting datang dari Papias (tahun 140 masehi), yang mengutip sumber yang bahkan lebih awal yang mengatakan, pertama, Markus adalah kerabat Petrus, dari siapa, ia menerima informasi tentang tradisi dan hal-hal yang dikatakan dilakukan oleh yesus.

Kedua, informasi tentang tradisi ini tidak sampai ke Markus sebagai catatan yang sudah selesai dan berurutan, tetapi sebagai khotbah Petrus. Nampaknya, khotbah ini ditujukan sebagai penjelasan atau instruksi terkait kebutuhan komunitas Kristen Perdana. Ketiga, isi Injil Markus sebagian besar terdiri dari khotbah Petrus yang disusun oleh Markus.

Kapan dan di Mana Ditulis

Beberapa orang berpendapat bahwa Injil Matius dan Injil Lukas menggunakan sumber yang sama dengan Injil Markus sebagai sumber utama. Ada yang berpendapat bahwa Injil Markus mungkin disusun pada tahun 50-an atau awal 60-an. Dari isi Injil Markus dan pernyataan-pernyataan yang dibuat tentang Markus oleh para Bapa Gereja Perdana menunjukkan bahwa kitab itu ditulis tidak lama sebelum kehancuran Yerusalem pada tahun 70 Masehi.

Menurut Gereja Perdana, Injil Markus ditulis di wilayah Italia atau lebih khusus di Roma. Penulis yang sama ini secara erat mengaitkan tulisan Markus tentang Injil dengan rasul Petrus. Pernyataan ini didukung beberapa fakta: pertama, kemungkinan secara historis bahwa Petrus berada di Roma selama hari-hari terakhir hidupnya dan menjadi martir di sana. Kedua, bukti Alkitab bahwa Markus juga berada di Roma pada waktu yang hampir bersamaan dan terkait erat dengan Petrus (2Tim 4:11; 1Ptr 5:13). Dalam kutipan 2 Tim dan 1 Ptr itu kata “Babel” mungkin merupakan kriptogram untuk Roma (lihat juga Pengantar 1 Petrus).

Pembaca Awal Injil

Bukti menunjuk, Injil Markus pertama ditujukan bagi Gereja di Roma, atau setidaknya pembaca non-Yahudi. Markus menjelaskan kebiasaan Yahudi (7:2-4; 15:42), menerjemahkan kata-kata Aram (3:17; 5:41; 7:11.34; 15:22, 34) dan tampaknya memiliki minat khusus dalam penganiayaan dan kemartiran ( 8:34-38; 13:9-13). Injil ini memiliki pokok-pokok perhatian khusus bagi orang percaya Romawi (1 Petrus). Tujuan untuk jemaat Romawi ini menjelaskan penerimaan Injil ini dengan segera dan penyebarannya yang cepat.

Injil Markus dikaitkan dengan Roma pada masa penganiayaan Gereja periode tahun 64-67. Kebakaran Roma yang terkenal pada tahun 64, mungkin dilakukan oleh Kaisar Nero, tetapi disalahkan pada orang Kristen. Tuduhan ini menyebabkan penganiayaan oleh Kaisar Nero meluas.

Tujuan lain Markus menulis Injil ini mungkin untuk mempersiapkan para pembacanya agar siap menghadapi penderitaan seperti itu. Markus ingin menempatkan kehidupan Yesus di hadapan mereka. Ada banyak referensi, baik eksplisit maupun terselubung, tentang penderitaan dan pemuridan di seluruh Injilnya (lihat 1:12-13; 3:22,30; 8:34-38; 10:30,33-34.45; 13:8 -13 ).

Beberapa Penekanan

Perhatian khusus harus diberikan pada perikop tentang pemuridan yang muncul dari ramalan Yesus tentang sengsara-Nya (8:34-9:1; 9:35-10:31; 10:42-45). Juga ada penekanan untuk ajaran tentang manusia (12:12; 14:1-2; 15:10) dan kebutuhan ilahi (8:31; 9:31; 10:33-34). Peristiwa salib juga mendapat penekanan oleh Markus.

Markus mencatat jauh lebih sedikit ajaran Yesus yang sebenarnya daripada para penulis Injil lainnya. Namun ada penekanan yang luar biasa pada Yesus sebagai guru. Kata-kata “guru”, “mengajar” atau “mengajar”, dan “Rabi” diterapkan pada Yesus dalam Markus sebanyak 39 kali.

Pada beberapa kesempatan Yesus memberitahu murid-murid-Nya atau orang lain untuk tetap diam tentang siapa Dia atau apa yang telah Dia lakukan (1:34.44 dan catatan; 3:12; 5:43; 7:36; 8:30; 9:9). Markus juga menjelaskan Yesus sebagai “Anak Allah”. Meskipun Markus menekankan kemanusiaan Yesus (lihat 3:5; 6:6,31,34; 7:34; 8:12; 10:14; 11:12), ia tidak mengabaikan keilahian-Nya (lihat 1:1, 11; 3:11; 5:7; 9:7; 12:1-11; 13:32; 15:39).

Karakteristik Khusu

Injil Markus adalah catatan sederhana, ringkas, tanpa hiasan, namun jelas tentang pelayanan Yesus, lebih menekankan apa yang Yesus lakukan daripada apa yang Dia katakan. Markus bergerak cepat dari satu episode dalam kehidupan dan pelayanan Yesus ke episode lainnya, sering kali menggunakan kata keterangan “segera” (lihat catatan untuk 1:12). Kitab ini secara keseluruhan digunakan sebagai “Permulaan Injil” (1:1). Kehidupan, kematian dan kebangkitan Kristus termasuk “permulaan”, di mana khotbah apostolik dalam Kisah Para Rasul adalah kelanjutannya.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here