27.9 C
Jakarta
Saturday, April 27, 2024

Kardinal Termuda yang Punya Pengalaman Panjang Sebagai Pengusir Setan

BERITA LAIN

More
    Mgr. Giorgio Marengo yang sebentar lagi akan menjadi kardinal. Aleteia

    MONGOLIA, Pena Katolik – Mgr. Giorgio Marengo, seorang Italia berusia 47 tahun, terpilih sebagai cardinal baru yang akan dilantik dalam konsistori bulan lalu.  Kardinal baru ini akan menjadi yang termuda. Selama ini ia dikenal juga sebagai seorang pengusir setan (exorcist). Saat ini, Mgr. Giorgio bekerja sebagai uskup misionaris di Mongolia.

    Dalam konsistori yang dijadwalkan pada tanggal itu, Paus Fransiskus akan menyerahkan kepadanya zucchetto merah terkenal yang melambangkan keberanian dan kesediaan untuk menderita kemartiran bagi Kristus jika perlu.

    Negara tempat ia menjalankan misinya, Mongolia, memiliki kurang dari 1.500 umat Katolik. Sejarah Mongolia dicirikan oleh keterasingan besar dari pengaruh Barat. Di antara populasi yang menyatakan dirinya religius, ada dominasi besar tradisi adat lokal, terutama perdukunan: memiliki lebih dari 10.000 penganut, lebih dari enam kali lebih banyak dari jumlah umat Katolik. Selain itu, selama abad ke-20 Mongolia mengalami penindasan di bawah kediktatoran komunis, yang secara resmi melarang ibadah agama.

    “Bagi saya, menjalani panggilan baru ini berarti melanjutkan jalan kekecilan, kerendahan hati, dan dialog,” ungkap kardinal baru itu mengatakan tentang pengangkatannya sebagai cardinal.

    Meksi usianya masih muda, Mgr. Giorgio memiliki pengalaman panjang dalam pelayanan pengusiran setan. Uskup muda itu telah menjadi pengusir setan selama lebih dari 20 tahun. Tidak hanya itu, dia adalah titik referensi di antara para imam yang berwenang untuk menjalankan pelayanan pengusiran setan.

    Mgr. Giorgio adalah salah satu dosen pada Kursus Eksorsisme dan Doa Pembebasan edisi XVI, yang diadakan setiap tahun di Pontifical Athenaeum Regina Apostolorum di Roma, Italia. Dia sebelumnya mengikuti kursus yang sama sebagai mahasiswa.

    Mgr. Giorgio menyatakan dalam kuliahnya, bahwa umum bagi orang-orang non-Kristen untuk datang kepadanya meminta dia untuk membebaskan mereka “dari pengaruh demonik”. Ini menunjukkan bahwa mereka mengakui kuasa pelayan Kristus melawan tindakan kejahatan.

    Menurut Mgr. Giorgio, iblis adalah “pembatas yang menghalangi hubungan kita dengan Kristus,” sementara Gereja mempromosikan hubungan dengan Kristus melalui pewartaan Injil dan tindakan sakramental. Menurut uskup misionaris itu, orang-orang yang mempersiapkan pembaptisan di Mongolia mengalami hambatan khusus yang mengungkapkan tindakan si jahat, yang mengalihkan mereka ke praktik leluhur yang tidak sesuai dengan Wahyu Kristus.

    Namun, bukan hanya Mongolia, di mana ada tantangan takhayul yang mengakar, paganisasi masyarakat baru di seluruh dunia merupakan indikasi tindakan iblis terhadap jiwa-jiwa untuk mengalihkan mereka dari Kebenaran.

    “Alasan untuk mengutuk takhayul selalu sama dan juga berlaku bagi kita hari ini: praktik-praktik ini mengandaikan kurangnya iman, dan kami menggunakan mereka untuk menghindari ketidakpastian,” kata Mgr. Giorgio.

    Sebaliknya, ujar Mgr. Giorgio, Kristus percaya sepenuhnya kepada Bapa dan, dengan cara yang sama, kerendahan hati mereka yang percaya kepada Kristus mengandaikan kepercayaan total kepada-Nya.

    Mgr. Giorgio menyampaikan lima tips untuk melawan iblis:

    1. “Jalan utama adalah doa. Dan di alam itu, adorasi Ekaristi dan berbagai bentuk devosi Maria menonjol.” Dia meminta perhatian khusus pada doa-doa liturgi dengan teks-teks yang menyinggung penyembuhan, selalu menghormati norma-norma liturgi yang semestinya. Dan, mengenai Mongolia, dia bersaksi: “Semuanya berubah setelah penyebaran adorasi Sakramen Mahakudus”.
    2. “Katekese yang memadai tentang tindakan iblis dan bagaimana menghadapinya.”
    3. “Peluang untuk berbagi di mana masalah demonologi dapat muncul dalam dialog.”
    4. “Perayaan pengusiran setan bila perlu,” selalu menghormati norma-norma Gereja.
    5. “Pembinaan imam dan religius tentang kesehatan spiritual dan perang melawan iblis.”

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI