33.5 C
Jakarta
Friday, April 19, 2024

Kisah Ibu Yohanes Paulus II yang Diminta Menggugurkan Putranya, Karol Wojtyla

BERITA LAIN

More
    Emilia dan Karol Wojtyla Sr bersama Karol kecil. Herald Malaysia

    KRAKOW, Pena Katolik – Lebih dari seratus tahun yang lalu pada 18 Mei 1922, Emilia Wojtyla melahirkan putra keduanya, Karol Wojtyla, setelah kehamilan yang sulit dan mengancam jiwa. Anak itu kelah tumbuh dan menjadi St. Yohanes Paulus II.

    Dalam sebuah buku baru yang diterbitkan di Polandia, Milena Kindziuk menjelaskan bagaimana ibu St. Yohanes Paulus II sebenarnya disarankan untuk melakukan aborsi terhadap bayi yang dikandungnya. Tetapi, iman Emilia mendorongnya untuk menolak aborsi itu. Demikian diungkapkan Kindziuk dalam wawancara dengan La Stampa.

    Buku baru itu berjudul Emilia dan Karol Wojtyla, Orang tua St. Yohanes Paulus II. Kindziuk mengutip kesaksian seorang bidan, Tatarowa, dan laporan kedua temannya, Helena Szczepa?ska dan Maria Kaczorowa. Buku itu juga merangkum kenangan warga Wadowice lainnya. Buku ini menunjukkan bahwa Emilia Wojtyla tertekan oleh desakan dokter pertamanya, Jan Moska?a, bahwa dia harus melakukan aborsi.

    Dia mengatakan bahwa Emilia dan Karol Wojtyla membuat keputusan berani. Mereka mulai mencari dokter lain dan menemukan dr. Samuel Taub, seorang dokter Yahudi dari Krakow, yang pindah ke Wadowice setelah Perang Dunia I.

    “Teman-teman Emilia menyimpan kenangan akan kunjungan itu. Dokter memastikan bahwa ada risiko komplikasi saat melahirkan, termasuk kematian Emilia. Namun, dia tidak menyarankan aborsi,” kata Kindziuk.

    Emilia mengalami kehamilan yang buruk: dia menghabiskan sebagian besar waktunya berbaring dan lemah. Dalam situasi ini, dr. Taub merekomendasikan untuk berbaring, sering beristirahat dan menjaga pola makan. Pada hari kelahiran Karol, 18 Mei 1920, Emilia berbaring di apartemennya di jalan Ko?cielna, di ruang tamu.

    Pada saat yang sama Karol Sr. dan putra mereka yang berusia 13 tahun Edmund pergi keluar sekitar jam 5 sore. untuk berpartisipasi dalam doa bersama di gereja paroki yang terletak di seberang jalan. Pada doa itu, mereka menyanyikan Litani Loreto.

    “Kami tahu dari pesan bahwa Emilia meminta bidan untuk membuka jendela: dia ingin suara pertama yang bisa didengar putranya adalah lagu untuk menghormati Maria. Singkat cerita, Emilia Wojtyla melahirkan anaknya sambil mendengarkan lagu Litani Loreto,” ujarnya.

    St. Yohanes Paulus II juga memberi tahu sekretaris pribadinya, Stanislaw Dziwisz, bahwa ia dilahirkan dalam litani untuk menghormati Bunda Allah. St. Yohanes Paulus II menambahkan bahwa ia dipilih sebagai paus pada waktu yang sama dengan hari ia dilahirkan.

    Penyebab kesucian orang tua St. Yohanes Paulus II secara resmi dibuka di Polandia pada bulan Mei. Karol, seorang letnan Angkatan Darat Polandia, dan Emilia, seorang guru sekolah, menikah di Krakow 10 Februari 1906. Pasangan Katolik itu melahirkan tiga anak: Edmund pada tahun 1906; Olga, yang meninggal tak lama setelah kelahirannya; dan Karol pada tahun 1920.

    Sebelum dia meninggal karena serangan jantung dan gagal hati pada tahun 1929, Emilia adalah pokok iman bagi rumah tangga. Pada saat kematiannya, Karol Wojtyla muda tinggal sebulan lagi dari ulang tahunnya yang kesembilan, demikian seperti diberitakan CAN.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI