29.7 C
Jakarta
Thursday, April 25, 2024

Santo Aloysius Gonzaga dan Sepuluh Orang Suci Heroik Lainnya yang Meninggal Muda

BERITA LAIN

More
    Orang kudus yang meninggal muda. Aleteia

    Ada kesalahan umum yang mengatakan Anda harus “hidup sedikit” saat Anda masih muda. Implikasinya adalah anak muda harus melakukan sesuatu yang menyenangkan dengan hidup mereka, melihat dunia, mengalami hidup dan mengabaikan “aturan” yang mungkin membebani mereka. Agama sering dilihat sebagai penghalang untuk bersenang-senang dan sesuatu yang disediakan untuk “orang tua.”

    Seharusnya tidak mengherankan bahwa survei baru-baru ini menemukan “ lebih dari sepertiga orang generasi milenial sekarang mengatakan bahwa mereka tidak berafiliasi dengan agama apa pun.”

    Tapi jangan katakan itu kepada Santo Aloysius Gonzaga dan sepuluh orang suci yang meninggal di usia 20-an. Alih-alih hidup “sedikit”, dan “berusaha keras”, mereka pergi “sepenuhnya” pada Kristus dan memeluk Katolik dengan setiap serat keberadaan mereka. Mereka tidak melihat aturan sebagai penghalang, tetapi menemukan hukum Gereja memberi mereka kebebasan sejati.

    Mereka mengingatkan kita bahwa hidup kita di bumi ini singkat dan kita tidak tahu hari maupun jam ketika Tuhan akan memanggil kita pulang. Kita harus siap dan tidak menunda-nunda dalam mengamalkan iman kita. Kita tidak dapat memperlakukan kehidupan kekal seperti ujian penting di perguruan tinggi yang akan kita pelajari besok atau melakukan “sepanjang malam”. Orang-orang kudus ini mengingatkan kita bahwa hari ini bisa menjadi hari terakhir kita dan kekekalan memang waktu yang sangat lama.

    Jadi mari kita lihat orang-orang kudus muda yang heroik ini untuk mendapatkan inspirasi, yang tidak berpikir bahwa agama hanya diperuntukkan bagi wanita berambut putih di belakang gereja.

    Santo Aloysius Gonzaga – Lahir dari keluarga bangsawan, Aloysius melepaskan gelar dan warisannya. Bergabung dengan Yesuit pada usia 17 tahun, Santo Aloysius cenderung mengganggu para korban di Roma, memenuhi setiap kebutuhan mereka. Dia akan mati karena wabah pada usia 23 tahun. Hari rayanya adalah hari ini, 21 Juni.

    Santo John Berchmans – Terinspirasi oleh kehidupan Santo Aloysius Gonzaga, Santo John juga masuk Yesuit pada usia 17 dan ingin bekerja di China setelah ditahbiskan. Dia tidak pernah hidup untuk melihat hari itu, tetapi dihormati karena kekudusan dan kesederhanaan hidupnya. Dia meninggal pada usia 22 tahun karena disentri. Hari rayanya adalah 26 November.

    Santa Perpetua dan Felicity – Santa Perpetua adalah seorang wanita bangsawan menikah dan ibu dari bayi menyusui dan Santa Felicity adalah seorang budak hamil dipenjarakan bersamanya. Mereka menjadi martir pada tahun 203 di bawah pemerintahan Romawi dan dimasukkan ke dalam Kanon pada Misa — kami meminta doa mereka dalam Litani Orang Kudus. Felicity berusia 22 tahun ketika dia meninggal. Hari raya mereka adalah 7 Maret.

    Santa Theresia dari Lisieux – Dikenal sebagai “bunga kecil”, Santo Thérse ingin menjadi biarawati sejak usia muda dan diberikan izin untuk memasuki Karmel pada usia 15 tahun. Autobiografinya Story of a Soul adalah salah satu buku yang paling banyak dibaca di Gereja Katolik. Diproklamirkan sebagai Pujangga Gereja oleh Paus Santo Yohanes Paulus, Therese meninggal pada usia 24 tahun, karena TBC. Hari rayanya adalah 1 Oktober.

    Santa Gemma Galgani – Seorang mistikus Italia, Santa Gemma ingin memasuki Passionists tetapi ditolak masuk karena kesehatannya. Dia dikenal karena kekudusan dan penglihatannya. Dia “melawan iblis”, dan meninggal karena TBC pada usia 25 tahun. Hari rayanya adalah 11 April.

    Sepupu Santo Germaine – Diabaikan dan dilecehkan oleh keluarganya, Santo Germaine adalah seorang gembala yang menjalani kehidupan dengan banyak penderitaan. Dia sering menghadiri sakramen dan berdoa Rosario secara teratur. Dia meninggal pada usia 22. Sangat dicintai di Prancis, hari rayanya adalah 15 Juni.

    Santa Kateri Tekakwitha – Dikenal sebagai “Lily of the Mohawks,” SantaKateri masuk agama Katolik melalui teladan para misionaris Prancis. Dia dikenal karena kemurnian dan imannya yang teguh. Dia meninggal pada usia 24. Hari rayanya adalah 14 Juli.

    Santo Charles Lwanga – Seorang anggota suku Muganda, Santo Charles adalah kepala halaman kerajaan dan dibunuh oleh Raja Mwanga II karena menolak untuk meninggalkan iman Katolik. Dia mati syahid pada usia 21 tahun. Hari rayanya adalah 3 Juni. Tentang kematiannya Uskup Robert Barron telah mencatat bahwa evangelisasi “membahayakan penginjil.”

    Santa Elizabeth dari Trinitas – Sejak usia muda ingin memasuki Karmel, Santa Elizabeth menolak banyak tawaran pernikahan dan memasuki biara pada usia 21. Dia dikenal karena kesuciannya dan sering dibandingkan dengan Santa Theresia. Dia meninggal pada usia 26 tahun. Hari rayanya adalah 8 November. Dia akan dikanonisasi oleh Paus Fransiskus pada 16 Oktober 2016.

    Beato Pier Giorgio Frassati – Seorang Dominikan Ordo Ketiga, Beato Pier Giorgio adalah orang luar yang rajin dan terlibat dalam politik. Dia juga dikenal sebagai “Pria Bahagia” karena praktik amalnya yang tenang terhadap orang lain, yang baru diketahui keluarganya ketika ribuan orang muncul di rumahnya setelah kematiannya. Dia meninggal pada usia 24 karena virus polio yang bergerak cepat. Hari rayanya adalah 4 Juli.

    Semua orang suci ini meninggal “pada puncak kehidupan mereka,” tetapi tidak satu pun dari mereka akan menukar iman mereka yang kuat kepada Tuhan untuk sesuatu yang lebih biasa. Mereka mengingatkan kita bahwa hidup ini terlalu singkat dan kita harus lebih peduli tentang keselamatan kita dan keselamatan orang lain daripada tentang kebodohan duniawi ini.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI