Seorang Petugas Pemadam Kebakaran Peristiwa 9/11, yang Akhirnya Memilih Menjadi Imam

0
1781
Romo Thomas Colucci saat ditahbiskan menjadi imam Keuskupan Agung New York pada tahun 2016. (Pena Katolik/Ist).

NEW YORK, Pena Katolik – Romo Thomas Colucci akan merayakan Misa peringatan peristiwa 9/11, Sabtu 11 September 2021 yang lalu. Ia merayakannya untuk 343 petugas pemadam kebakaran Kota New York yang tewas di World Trade Center New York pada 11 September 2001. Misa akan diadakan di Gereja St. Thomas Fransiskus, di mana Romo Hakim Mychal, seorang biarawan Fransiskan yang ketika itu melayani Departemen Pemadam Kebakaran New York, hidup sampai terbunuh pada 9/11.

Pada 20 tahun lalu, Romo Colucci bisa menjadi salah satu dari 343 korban dari petugas Pemadam Kebakaran New York, ia adalah salah satu petugas pemadam kebakaran yang pertama menanggapi serangan udara di Menara Kembar itu. Namun, setelah pensiun dari New York City Fire Department/NYFD, ia masuk seminari untuk menjadi imam. Ia lalu ditahbiskan pada tahun 2016.

Keputusan Romo Colucci untuk memilih panggilan religious, tak bisa dipungkiri berkat pengalamannya melihat langsung peristiwa 9/11. Hari itu, Colucci baru saja menyelesaikan dinas malam. Pagi itu ia sedang dalam perjalanan di dekat rumahnya, saat ia mendengar berita tentang serangan itu. Sontak, ia berbalik ke kantor NYFD dan bergabung bersama petugas pemadam kebakaran lainnya menuju ke tempat kejadian. Saat itu, Menara Selatan World Trade Center sudah berangsur runtuh.

“Kami segera mencari di antara puing-puing di celah mana pun yang bisa kami temukan, untuk mencari korban selamat yang terbaik yang kami bisa,” kenang Romo Colucci.

Tertutup debu, petugas pemadam kebakaran segera mulai menggali melalui tumpukan Menara Utara, mencari yang selamat, tetapi jumlahnya sangat sedikit. Colucci, yang saat itu berusia 45 tahun, terus menggali dan mencari hingga tengah malam. Dia terus kembali ke “tumpukan” selama berminggu-minggu.

Colucci mengenang, beberapa rekan petugas pemadam kebakaran mengalami stres psikologis. Dalam minggu-minggu mendatang, mereka yang masih bekerja tidak hanya secara teratur kembali ke upaya pencarian dan pemulihan di Ground Zero, tetapi masih harus menanggapi panggilan kebakaran.

“Mereka membutuhkan petugas pemadam kebakaran di tempat lain yang juga masih masuk, dan mungkin meningkat, karena semua orang melihat paket mencurigakan di mana-mana,” kenangnya.

Romo Colucci mengenang, setidaknya ada 100 dari 343 petugas pemadam kebakaran yang tewas pada 9/11. Seperti sesama petugas pemadam kebakaran, hari Sabtu beberapa bulan setelahnya sering disibukkan dengan menghadiri pemakaman atau Misa peringatan.

Keyakinan Panggilan

Tetapi sejak hari pertama, Romo Colucci melihat, para imam Katolik muncul, menawarkan bantuan baik secara fisik maupun spiritual. Para imam berada di sana untuk memberkati korban meninggal yang ditemukan. Para imam itu menawarkan perhatian dan perawatan spiritual, kepada petugas pemadam kebakaran dan orang lain di tempat kejadian. Romo Colucci mengingat secara khusus, seorang imam Fransiskan, Romo Brian Jordan, yang mengenakan sepatu kets, yang memungkinkannya berada di atas tumpukan puing-puing berbahaya, penuh dengan potongan baja tajam, imam itu hadir untuk menawarkan bantuan apa saja.

Berkat pengalaman itu, Colucci berpikir untuk menjadi seorang imam, setelah iapensiun dari departemen pada tahun 2005. “Pikiran itu bertahan di belakang pikiran saya. Saya memiliki kehidupan yang normal. Saya berkencan. Saya juga pergi dengan teman-teman untuk minum bir.”

Romo Colucci mengenang, ia memiliki sifat religius dalam dirinya. Bahkan di pemadam kebakaran, orang-orang memanggilnya, Romo Tom. “Orang-orang akan bertanya kepada saya tentang pertanyaan agama.”

Namun, peristiwa 11 September itu bukanlah “game changer” peristiwa itu telah menyegel keputusan Colucci untuk memilih panggilan religius. “Saya baru saja melihat betapa rapuhnya hidup ini. Saya melihat orang-orang ini di pagi hari pada 9/11 — kami semua minum kopi — dan kemudian setengah jam kemudian beberapa dari mereka meninggal,” ujar Romo Colucci mengenang.

Pada tahun terakhirnya bekerja di pemadam kebakaran, Colucci mengalami cedera kepala saat bekerja, yang membutuhkan beberapa operasi otak. Dia kemudian menghabiskan tujuh tahun di biara Benediktin di di Pine City, New York. Ia juga menjalani pendidikan di seminari St. Vincent di Latrobe, Pennsylvania. Namun, akhirnya ia merasa terpanggil untuk hidup sebagai imam diosesan. Pada 2012, ia masuk Seminari Tinggi Keuskupan Agung New York.

Pada pentahbisannya pada tahun 2016, ia menjadi pensiunan pemadam kebakaran pertama yang menjadi imam di New York. Rekan-rekan pemadam kebakarannya tidak bisa melewatkan kesempatan untuk merayakannya menjadi Fr. Tom.

Pada acara tahbisan itu, ada sekitar 1.000 orang di Katedral St. Petrus New York, juga tiga truk pemadam kebakaran. Dalam sebuah wawancara Romo Colucci mengatakan bahwa pada 9/11, dia melihat bahwa kita semua terlibat dalam sesuatu yang lebih besar dari dunia kecil kita. Kita semua saling berhubungan dalam satu keluarga besar manusia. Ada sesuatu yang lebih besar. Ada tujuan lain dalam hidup ini, jadi saya hanya merasa ingin melakukan sesuatu yang akan membantu banyak orang, lebih banyak orang.

“Baik di pemadam kebakaran maupun dalam imamat Anda membantu orang yang membutuhkan. Di pemadam kebakaran, orang-orang menelepon kami sepanjang hari, siang dan malam. Kami tidak bertanya siapa mereka; kami hanya menanggapi dan membantu mereka. Hal yang sama dengan imamat.”

Romo Colucci telah menjadi bagian dari persaudaraan para imam, tetapi dia tidak dapat melupakan persaudaraan yang telah menjadi bagiannya selama 20 tahun. Meskipun dia tidak secara resmi menjadi imam untuk NYFD, dia mendapati dirinya melayani rekan-rekan lama dengan berbagai cara, berbicara sambil makan siang atau permainan golf tentang perjuangan mereka yang berkelanjutan yang berasal dari 9/11.

Setelah ditahbiskan, setiap tahun para peringatan 9/11, Romo Colucci selalu merayakan Misa di lokasi peristiwa 9/11. Ia berdoa sambil mengenang jasa rekan-rekannya yang gugur pada peristiwa itu.

“Hidup terus berjalan, tetapi Anda tetap harus mengingat orang-orang ini dan apa yang mereka lakukan. Pemadam Kebakaran memiliki persaudaraan yang hebat. Kami berkumpul dan membicarakan banyak hal. Itu cara terbaik untuk menghadapinya.”

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here