Thoom / Shutterstock
Thoom / Shutterstock

Situs ziarah Irlandia Knock Shrine akan segera mendunia. Paus Fransiskus berencana untuk secara resmi mengumumkan pengangkatan Knock Shrine sebagai tempat ziarah Maria dan Ekaristi internasional. Pengangkatan itu akan dilakukan pada pesta Santo Yosef, 19 Maret, dalam Tahun Santo Yosef.

Pada abad ke-19, Santo Joseph menampakkan diri di Knock, bersama Bunda Maria dan Santo Yohanes Penginjil. Penampakan itu disaksikan pada hari hujan tahun 1879, ketika ketiganya terlihat di atap pelana bagian selatan dari Gereja Paroki Knock.

Penampakan itu agak unik, demikian siaran pers Knock Shrine. Keunikan penampakan di Knock adalah gambaran Ekaristi sebagai Tuhan yang bangkit, yang tampil sebagai Anak Domba di altar, berdiri di depan Salib-Nya dan dikelilingi oleh sejumlah malaikat. Aspek penampakan ini diceritakan secara panjang lebar oleh lima belas saksi yang, tanggal 21 Agustus 1879, berdiri di tengah hujan lebat selama dua jam seraya mendaraskan rosario di depan tempat penampakan itu.

Sejak itu, Knock jadi salah satu situs keagamaan paling populer di Irlandia dan menerima sekitar 1,5 juta pengunjung setiap tahun. Tahun 1979, Santo Paus Yohanes Paulus II mengunjungi tempat ziarah itu sebagai seorang peziarah. Dia diikuti oleh Bunda Teresa, tahun 1993, yang berbicara di tempat ziarah itu tentang kesucian hidup manusiwi dari orang yang belum lahir. tahun 2018, Paus Fransiskus mengunjungi Knock saat berada di Irlandia untuk Pertemuan Keluarga-Keluarga Sedunia.

Paus Fransiskus akan mengirimkan pesan video untuk diputar dalam Misa 19 Maret. Misa itu akan mengawali perayaan tiga hari yang akan menampilkan ceramah Uskup Agung Wina Kardinal Christoph Schönborn, dan Uskup Agung Tuam, Irlandia, Mgr Michael Neary.

Tentang pengangkatan status itu, Rektor Knock Shrine Pastor Richard Gibbons, mengatakan, “Kami sangat berterima kasih atas pengakuan Paus Fransiskus ini, melalui Dewan Kepausan untuk Peningkatan Evangelisasi Baru, yang mengakui Knock di tingkat internasional dalam hal status khususnya sebagai Tempat Ziarah Maria dan Ekaristi … Ini adalah tonggak bersejarah bagi Tempat Ziarah Maria dan Ekaristi Nasional Irlandia.”

Sejak awal pandemi dunia, Knock Shrine tidak henti-hentinya berupaya mendukung umat beriman. November 2020, mereka menggelar Misa khusus peringatan semua warga Irlandia yang meninggal karena Covid-19. Tempat ziarah itu menempatkan lebih dari 3.000 lilin di sekitar tempat suci untuk mewakili orang-orang yang kalah dari pandemi. Misa dihadiri secara virtual oleh lebih dari 120.000 orang.(PEN@ Katolik/paul c pati/J-P Mauro/Aleteia)

Tempat Suci Bunda Maria Knock Bagian luar tempat ziarah diterangi dengan indah di malam hari. © PM Photography dan A&D Wejcherts Architects - CC BY-SA 4.0
Tempat Suci Bunda Maria Knock
Bagian luar tempat ziarah diterangi dengan indah di malam hari.
© PM Photography dan A&D Wejcherts Architects – CC BY-SA 4.0
Altar Tempat Ziarah Knock Di belakang altar terdapat patung-patung yang menggambarkan penampakan yang muncul pada abad ke-19. © Geyo John - CC BY-SA 3.0
Altar Tempat Ziarah Knock
Di belakang altar terdapat patung-patung yang menggambarkan penampakan yang muncul pada abad ke-19.
© Geyo John – CC BY-SA 3.0
Bunda Maria Knock Pemandangan dari dekat patung Bunda Maria, diterangi dengan mahkota emas. © Michael Mc Laughlin Photography - CC BY-SA 4.0
Bunda Maria Knock
Pemandangan dari dekat patung Bunda Maria, diterangi dengan mahkota emas.
© Michael Mc Laughlin Photography – CC BY-SA 4.0
Lilin-lilin dipasang menyertai doa  © Michael Mc Laughlin Photography - CC BY-SA 4.0
Lilin-lilin dipasang menyertai doa
© Michael Mc Laughlin Photography – CC BY-SA 4.0
Jalan Salib  Patung-patung yang lebih indah dapat ditemukan di sekitar salib di belakang tempat ziarah. © Geyo John - CC BY-SA 3.0
Jalan Salib
Patung-patung yang lebih indah dapat ditemukan di sekitar salib di belakang tempat ziarah.
© Geyo John – CC BY-SA 3.0
Rosario artistik Juga di belakang gereja adalah rosario indah dan sangat besar ini, dipasang di bagian depan untuk menyambut para peziarah. © Geyo John - CC BY-SA 3.0
Rosario artistik
Juga di belakang gereja adalah rosario indah dan sangat besar ini, dipasang di bagian depan untuk menyambut para peziarah.
© Geyo John – CC BY-SA 3.0

1 komentar

  1. Mantap informasi menarik bagi kami krn selama ini kami tdk tahu klo ada situs rohani katolik yg belum terpublikasi
    Profisiat dan slmt merayakan Ekaristi di tempat ini besok 19 Maret 2021 bersama Paus Fransiskus, smg dpt berjalan baik dan lancat.
    JCBU all

Tinggalkan Pesan