Basilika Notre Dame oleh Michelle Enemark
Basilika Notre Dame oleh Michelle Enemark

KATEKISMUS GEREJA KATOLIK

70. Dari mana jiwa berasal?

Jiwa yang bersifat rohani tidak berasal dari orang tua, tetapi diciptakan secara langsung oleh Allah dan bersifat abadi. Jiwa tidak ikut mati pada saat dipisahkan dari badan dalam kematian, dan jiwa akan dipersatukan kembali dengan badan pada hari kebangkitan.

Teruslah membacanya dalam Katekismus Gereja Katolik 366-368, 382

71. Hubungan apa yang ditetapkan Allah antara laki-laki dan perempuan?

Laki-laki dan perempuan diciptakan Allah dalam martabat yang setara karena mereka adalah pribadi-pribadi manusia. Sekaligus mereka diciptakan untuk saling melengkapi karena mereka laki-laki dan perempuan. Allah menghendaki agar mereka menjadi satu bagi yang lainnya untuk membentuk kesatuan pribadi-pribadi. Mereka juga dipanggil untuk meneruskan kehidupan manusia dengan menjadi ”satu daging” dalam perkawinan (Kej 2:24). Mereka juga dipanggil untuk menaklukkan dunia sebagai ”pelayan” Allah.

Teruslah membacanya dalam Katekismus Gereja Katolik 369-373, 383

72. Bagaimana kondisi asli manusia menurut rencana Allah?

Dengan menciptakan laki-laki dan perempuan, Allah memberikan kepada mereka suatu partisipasi khusus dalam kehidupan ilahi-Nya, dalam kesucian dan keadilan. Dalam rencana Allah, mereka tak akan mengalami penderitaan atau kematian. Selain itu, terdapat harmoni sempurna dalam diri manusia, antara makhluk ciptaan dan Penciptanya, antara laki-laki dan perempuan, juga antara pasangan manusia yang pertama dan semua ciptaan.

Teruslah membacanya dalam Katekismus Gereja Katolik 374-379, 384

Jacopo torriti, coronation of the virgin, santa maria maggiore, rome.jpg

Tinggalkan Pesan