cq5dam.thumbnail.cropped.750.422 (14)

Sekretariat Vatikan untuk Komunikasi bekerja sama dengan “Federasi des Media Catholiques” dari Perancis mengadakan konferensi komunikasi selama dua hari di Lourdes, mulai tanggal 24 Januari 2018 dengan tema “Media dan Kebenaran” yang ditandai dengan Misa tepat di depan Gua Lourdes yang dipimpin oleh Sekretaris Negara Vatikan Kardinal Pietro Parolin.

Materi konferensi yang sudah diterbitkan menjelang konferensi itu dimulai dengan pernyataan “Seiring, kebenaran memaksakan dirinya sebagai cakrawala debat yang masuk akal.” Kemudian dilanjutkan dengan mencari tahu dampak dari tidak adanya kebenaran terhadap masyarakat.

Pernyataan itu, seperti dilaporkan John Waters dari Vatican News, mengacu pada persepsi umum tentang kebenaran, termasuk ungkapan “Saat ini di kebanyakan tempat, kebenaran-kebenaran alternatif diupayakan dibangun dalam bidang politik, ekonomi atau pada tingkat spiritual.”

Program dua hari itu mencakup diskusi meja bundar tentang konsep-konsep teologis seperti “kemegahan kebenaran” dan penggunaan kebenaran secara politis dan ekonomis. Perdebatan berjudul “Kebenaran apa yang kita inginkan?” akan berlangsung di malam tanggal 25 Januari 2018.

“Federation des Medias Catholiques” didirikan tahun 1996 dengan tujuan untuk meningkatkan kerjasama antara wartawan Katolik Prancis dan para pemimpin komunikasi Gereja. Tahun 2018 adalah tahun pertama federasi itu berkolaborasi secara formal dengan Sekretariat Vatikan untuk Komunikasi.

Prefek Sekretariat untuk Komunikasi Mgr Dario Edoardo Viganò akan menghadiri dan memberikan pidato pembukaan konferensi itu. Presiden Federation des Medias Catholiques Jean-Marie Montel dan Uskup Tarbes dan Lourdes Mgr Nicolas Brouwet juga akan hadir bersama para filsuf, teolog, jurnalis, ilmuwan politik, dan pakar hubungan media.

Konferensi itu dibuka 24 Januari 2018 pada hari Pesta Santo Fransiskus de Sales, yang dikenal dalam masa hidupnya dengan karya-karya komunikasi baik lewat buku dan surat kabar. Santo Fransiskus de Sales dinyatakan oleh Paus Pius XI sebagai Santo Pelindung Para Wartawan dan Penulis pada tahun 1923.

Sudah juga menjadi tradisi dalam Gereja Katolik bahwa setiap tanggal 24 Januari diterbitkan Pesan Paus untuk Hari Komunikasi se-Dunia. Pesan Hari Komunikasi se-Dunia 2018 dari Paus Fransiskus yang diterbitkan hari ini berjudul “’Kebenaran itu akan memerdekakan’ (Yoh. 8:32)  Hoax dan Jurnalisme untuk Perdamaian.” (paul c pati berdasarkan Vatican News)

Tinggalkan Pesan