makan natal

Gerakan makan siang Natal merupakan kegiatan rutin yang sudah dilaksanakan beberapa tahun terakhir ini di wilayah KAJ untuk menyapa mereka yang lemah, tersingkir dan kurang mendapat perhatian, dan untuk memberikan kepada mereka sukacita di hari Natal yang penuh kegembiraan.

Vikep Keuskupan Agung Jakarta Pastor  Alexius Andang Binawan SJ berbicara di sela-sela Makan Siang Natal di Gedung Karya Pastoral Paroki Santa Helena, Curug, Tangerang, 25 Desember 2017, pukul 15.00. Acara itu dihadiri Kepala Paroki Santa Helena Pastor Lucas Sulaeman OSC, Pastor Adhi Pramono OSC dan Pastor Cornelius Balok Priyanto Basuki OSC.

Gerakan Makan Siang Natal KAJ yang dilaksanakan bersama oleh berbagai kelompok kategorial paroki dan serentak di 15 titik itu, lanjut Pastor Andang, bukan saja menumbuhkan iman umat tapi merupakan tanda bahwa “umat Katolik mewujudkan imannya secara nyata.”

Ketua Panitia Makan Siang Natal, Mikael Syah, menjelaskan gerakan itu pertama kali diperkenalkan oleh Kelompok Sant Egidio yang kemudian dilakukan secara berkala di Paroki Santa Helena dan paroki-paroki lain. “Khusus di Helena, ini merupakan tahun keempat pelaksanaan Makan Siang Natal ini,” tegasnya seraya menambahkan bahwa yang diundang adalah keluarga dari anggota ASAK (Ayo Sekolah Ayo Kuliah) dan seluruh anggota karyawan paroki itu.

Sebelum pelaksanaan acara di Paroki Santa Helena, seluruh anggota ASAK diijinkan memesan terlebih dahulu kado yang dibutuhkan. Ada yang memesan sepatu, baju, tas sekolah dan sebagainya. Semua pesanan dipenuhi oleh panitia yang terdiri atas Komunitas Pria Katolik (KPK) Santa Helena dan didukung oleh Wanita Katolik RI Cabang Santa Helena, Legio Maria, dan OMK.

 

Dasrini (46 tahun), seorang Muslim yang ikut hadir mengatakan senang atas kegiatan itu, serta berharap tahun depan ia bisa diundang dan dapat menghadiri acara seperti itu.

 

Veronika Bella Noverain, pemeran Bunda Maria dalam acara itu sangat senang bisa menjadi pemeran Bunda Maria dan merasakan suka cita bersama seluruh undangan dan boleh makan bersama dalam acara itu.

 

Makan Siang Natal dilakukan di 15 titik, 10 di Jakarta, 4 di Tangerang dan 1 di Bekasi. Jumlah keseluruhan yang hadir dalam Makan Siang Natal 2017 sebanyak 3.783 undangan, termasuk 380 orang yang hadir di Paroki Santa Helena. (Konradus R Mangu)

Tinggalkan Pesan