mEDITASI

KATEKISMUS GEREJA KATOLIK

570. Apakah meditasi itu?

Meditasi adalah refleksi penuh doa yang dimulai dengan Sabda Allah dalam Kitab Suci. Meditasi meliputi pikiran, imajinasi, dan keinginan untuk memperdalam iman, pertobatan hati, dan memperkuat kehendak kita untuk mengikuti Kristus. Meditasi adalah langkah pertama untuk menuju persatuan cinta dengan Allah kita.

Teruslah membacanya dalam Katekismus Gereja Katolik 2705-2708, 2723

571. Apakah doa kontemplatif itu?

Doa kontemplatif melulu hanya memandang Allah dalam keheningan dan cinta. Doa ini merupakan rahmat Allah, saat iman murni, di dalamnya seseorang berdoa mencari Kristus, menyerahkan dirinya kepada kehendak suci Bapa, dan meletakkan dirinya di bawah tindakan Roh Kudus. Santa Teresa Avila menggambarkan doa kontemplatif sebagai hubungan persahabatan yang amat erat, ”sering tinggal sendiri bersama Allah yang kita tahu mencintai kita”.

Teruslah membacanya dalam Katekismus Gereja Katolik 2709-2719, 2724, 2739-2741

572. Mengapa doa merupakan suatu ”pergulatan”?

Doa adalah rahmat cuma-cuma, tetapi selalu mengandaikan suatu jawaban tegas dari pihak kita karena mereka yang berdoa itu bergulat melawan diri mereka sendiri, melawan lingkungannya, dan khususnya melawan si Penggoda yang berusaha sekuat tenaga untuk menarik orang keluar dari doa. Pergulatan doa tidak terpisahkan dari kemajuan dalam hidup rohani. Kita berdoa seperti kita hidup karena kita hidup seperti kita berdoa.

Teruslah membacanya dalam Katekismus Gereja Katolik 2725

1 komentar

Tinggalkan Pesan