Jesus talks to Philip and Nathanael

PEKAN BIASA XXV
Pesta Para Malaikat Agung (P)
Santa Siriakus; Santa Theodota dari Philippopolis

Bacaan I: Dan. 7:9-10.13-14 atau Why. 12:7-12a
Mazmur: 138:1-2a.2b-3.4-5; R: 1b
Bacaan Injil: Yoh. 1:47-51

Pada waktu itu Natanael datang kepada Yesus atas ajakan Filipus. Tatkala melihat Natanael datang, Yesus berkata tentang dia: ”Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!” Kata Natanael kepada-Nya: ”Bagaimana Engkau mengenal aku?” Jawab Yesus kepadanya: ”Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara.” Kata Natanael kepada-Nya: ”Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!” Yesus menjawab, kata-Nya: ”Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu.” Lalu kata Yesus kepadanya: ”Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia.”

Renungan

Pesta Malaikat Agung Mikael, Gabriel, dan Rafael hari ini mengingatkan kita bahwa kuasa Ilahi itu senantiasa mendampingi kita dalam seluruh perjuangan hidup kita. Karenanya kita tidak perlu takut dan cemas, sebab Allah begitu mengasihi kita dan mengutus Malaikat-Nya untuk membantu kita.

Siapakah yang pernah melihat Malaikat? Rasanya belum pernah ada di antara kita yang melihat. Bukan berarti karena tidak melihat lalu mereka tidak ada. Gereja mengimani sebagaimana dikatakan dalam Kitab Suci. Kehadiran mereka semata-mata untuk kebaikan manusia. Ada suatu istilah yang kadang kita dengar: ”You are my Angel” (Engkaulah Malaikatku). Maka, pada pesta Malaikat Agung ini, kita mensyukuri berkat penyertaan Tuhan selama hidup kita melalui malaikat-malaikat-Nya dan sekaligus juga kita berkomitmen untuk menjadi malaikat bagi orang yang membutuhkan bantuan.

Tuhan Yesus, terima kasih Engkau begitu mencintai aku sehingga kuasa Ilahi selalu menyertai aku melalui para Malaikat. Jadikanlah aku malaikat bagi sesamaku yang membutuhkan bantuan. Amin.

Renungan Ziarah Batin 2017

Tinggalkan Pesan