Duta Vatikan 1

Hari Jumat, tanggal 8 September 2017, Sala Stampa atau Kantor Pers Vatikan memberitahukan bahwa Bapa Suci Fransiskus telah mengangkat Nuntius Apostolik atau Duta Vatikan untuk Indonesia Yang Mulia Mgr Piero Pioppo, uskup agung titular Torcello, yang sekarang ini menjadi Duta Vatikan untuk Kamerun dan di Guinea Khatulistiwa.

Mgr Piero Pioppo menggantikan Mgr Antonio Guido Filipazzi yang sejak 26 April 2017 diangkat oleh Paus Fransiskus sebagai Duta Vatikan untuk Nigeria.

Uskup Agung berusia 56 tahun itu lahir di Savona tanggal 29 September 1960 dan ditahbiskan imam tanggal 29 Juni 1985. Uskup agung yang mengkhususkan diri pada teologi dogmatis itu memasuki dinas diplomatik Tahta Suci tahun 1993.

Dia pernah menjalankan misi Tahta Suci di Korea Selatan, Cile dan Sekretariat Negara Vatikan. Pada tahun 2006 dia diangkat menjadi prelatus untuk Institut Vatikan untuk Karya-Karya Agama, yang umumnya dikenal sebagai Bank Vatikan.

Tahun 2010, Paus Benediktus XVI mengangkatnya menjadi Duta Vatikan untuk ke Kamerun dan Guinea Khatulistiwa. Selain bahasa ibunya, Italia, Uskup Agung Pioppo mengenal bahasa Prancis, Inggris dan Spanyol.(pcp berdasarkan Sala Stampa dan Radio Vatikan)

Duta Vatikan 2

Duta Vatikan

Tinggalkan Pesan