IMG20170818191559

Uskup Manado yang juga Moderator Komisi PSE Regio MAM (Makassar, Amboina, Manado), Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC mengingatkan kepada sekitar 60 animator, fasilitator dan aktivis atau penggerak Lembaga Keuangan Mikro (LKM) dan Credit Union (CU) se-Regio MAM bahwa “keterbukaan, kejujuran dan kepercayaan sangat diperlukan bagi pengawas, pengurus dan manajemen yang merupakan penggerak LKM/CU.

Mgr Rolly berbicara dalam homili Misa Pembukaan Forum LKM/CU Regio MAM yang berlangsung di Wisma Lorenzo Lotta, Pineleng, Sulawesi Utara, 18-20 Agustus 2017. Ketua PSE Keuskupan Manado Pastor Clemens Joy Derry Pr, Ketua PSE Keuskupan Agung Makassar Pastor Linus Oge Pr dan Ketua PSE Keuskupan Amboina Pastor Karol Jamrevav MSC menjadi konselebran dalam Misa itu.

“Sikap tidak egois dan saling menghargai, dalam kerangka membangun kebersamaan untuk gerakan pemberdayaan kaum miskin, hendaknya menjadi perhatian penting dan semestinya ada dalam diri pengurus, pengawas dan manajemen LKM/CU,” kata Mgr Rolly.

Menurut Pastor Joy, yang juga Ketua Komisi PSE Regio MAM, Forum LKM/CU Regio MAM adalah sarana perjumpaan para animator, fasilitator, aktivis atau penggerak LKM/CU dari tiga keuskupan. “Pertemuan setahun sekali ini dilaksanakan agar para penggiat LKM/CU dapat berbagi pengalaman, berdiskusi dan belajar bersama dalam rangka peningkatan dan pengembangan karya kerasulan PSE melalui gerakan pastoral LKM/CU,” jelas imam itu.

Selama kegiatan itu, dengan didampingi oleh tiga narasumber yakni Pastor Joy, Pastor Linus dan Pastor Karol, para peserta belajar, berbagi, menguatkan dan meneguhkan secara bersama-sama.

Kegiatan itu juga diisi dengan sesi eskposur di dua CU yang ada di Manado dan Minahasa. Peserta dibagi dalam dua kelompok. Kelompok yang mengadakan eksposur ke CU Kamberu juga meninjau kebun anggota binaan CU itu dan mendengar suka-duka beberapa anggota. (A. Ferka)

Tinggalkan Pesan