IMG_4743

“Waktu saya diangkat uskup, saya menjawab kapan pun Gereja membutuhkan, saya siap. Sekarang saya diminta untuk menjadi Visitor Apostolik, saya terima dengan mohon bantuan rahmat Allah!” kata Uskup Bandung Mgr Antonius Subianto Bunjamin OSC kepada PEN@ Katolik 11 Agustus 2017.

Mgr Antonius Subianto berbicara menanggapi tugas baru yang diberikan oleh Kongregasi Suci Pewartaan Iman (Propaganda Fide) dari Vatikan untuk melakukan visitasi kanonis ke Keuskupan Ruteng di Flores.

Untuk tugas itu Mgr Antonius Bunjamin akan pergi ke Ruteng tanggal 15 Agustus 2017. Dalam tugas visitasi kanonis itu, uskup yang juga Sekretaris Jenderal KWI itu akan “mengklarifikasi dan memverifikasi berbagai isu yang sedang beredar, serta membuat laporan hasil visitasi tersebut.”

Agar visitasi dapat berjalan sesuai dengan harapan, lanjut uskup, “saya diminta mempelajari berbagai dokumen yang berkaitan dengan keadaan Keuskupan Ruteng saat ini dan berbicara atau wawancara dengan berbagai pihak yang relevan terutama para uskup sewilayah gerejani, para imam, dan religius. Jika diperlukan, bisa juga mewawancarai beberapa umat.”

Pertengahan Juli lalu, sebanyak  69 imam menyatakan mengundurkan diri dari sejumlah jabatan, sebagai bentuk protes terhadap Uskup Ruteng Mgr Hubert Leteng, yang mereka anggap telah menggelapkan dana Gereja dan diduga terlibat dalam hubungan dengan seorang perempuan.(paul c pati)

Tinggalkan Pesan