larantuka2

“Pekerjaan menulis merupakan salah satu bentuk ibadah karena di dalamnya, tulisan-tulisan itu ingin menyampaikan pesan pewartaan, Kabar Baik dari Allah sendiri,” kata Uskup Larantuka Mgr Fransiskus Kopong Kung Pr saat membuka Pelatihan Jurnalistik bertema “Menjadi Penulis Produktif: Media sebagai Sarana Pewartaan Injil” yang berlangsung di Rumah Bina Saron, Larantuka, 20-22 Juli 2017.

Dalam sambutan peresmian pelatihan itu, Mgr Frans menggarisbawahi pentingnya para pelaku Komsos Paroki untuk tak henti mewartakan Kabar Baik kepada umat. Oleh karena itu, kata uskup “para pelaku Komsos Paroki pertama-tama harus punya niat dan ketertarikan terlebih dulu dalam dunia tulis-menulis. Setelah itu, mereka baru akan bisa merasakan sukacita dan kegembiraan, karena menikmati tugas-tugasnya dengan baik.”

Hadir dalam pembukaan pelatihan jurnalistik para pegiat Komsos Paroki se-Keuskupan Larantuka yang merupakan kerjasama antara Komisi Komsos Keuskupan Larantuka dengan Komisi Komsos KWI adalah Ketua Komisi Komsos Keuskupan Larantuka Pastor Tobias Tube Kerans Pr, Ketua Sekpas Keuskupan Larantuka Pastor Eduardus Djebarus Pr, dan beberapa imam Keuskupan Larantuka yang berkarya di Sekpas Larantuka. Mgr Kopong Kung hadir juga dalam Ibadat Sabda pembukaan pelatihan itu.

Menurut Pastor Eduardus Djebarus, pelatihan seperti itu sangat berguna untuk peningkatan kualitas dan pengembangan wawasan serta keterampilan para pelaku Komsos di paroki-paroki. Sementara itu, menurut Sekretaris Eksekutif Komisi Komsos KWI Pastor Kamilus Pantus Pr pelatihan jurnalistik seperti ini baru pertama kali dilakukan di Keuskupan Larantuka.

Dalam pelatihan jurnalistik itu, 45 peserta yang terdiri dari utusan paroki dan sekolah, belajar tentang teknik penulisan fakta, praktek penulisan fakta, teknik dan praktek penulisan feature, teknik dan praktek penulisan opini, pengenalan lay out, pengenalan wawancara, praktek dan penulisan wawancara, belajar menjadi admin website, dan menulis di website.

Pastor Tobias Tube Kerans mengatakan dalam sambutannya bahwa tujuan kegiatan itu adalah agar peserta bisa mengembangkan semua sarana pewartaan di parokinya, khususnya majalah atau berita paroki, dan untuk membantu karya pewartaan Komisi Komsos Keuskupan, sebagai penulis dan pewarta, sebagai supplier berita dari setiap paroki masing masing. (Emanuel Bataona)

Jurnalisik

Tinggalkan Pesan