30 C
Jakarta
Thursday, April 18, 2024

SDK Santo Yusuf Waipukang Lembata rayakan satu abad dengan olah raga dan kesehatan

BERITA LAIN

More

    SDK S Yusuf

    Kick off Pertandingan Sepak Bola SD/SMP se-Kecamatan Ile Ape Lembata sudah dilaksanakan 17 Juli 2017 dan akan berpuncak pada 23 Agustus 2017. Selain itu, mulai awal Agustus tahun ini akan dilaksanakan Program Laskar Sehat dan Cerdas yang digagas oleh beberapa aliansi kesehatan.

    Kegiatan-kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka 100 tahun atau satu abad Sekolah Dasar Katolik (SDK) Santo Yusuf Waipukang Ile Ape Lembata yang berdiri 23 Agustus seratus tahun lalu (1917) dan diyakini telah memiliki lulusan yang menjadi imam dan biarawan-biarawati yang tersebar hampir di seluruh benua.

    “Panitia sudah terbentuk sejak awal 2017. Kita telah merencanakan beberapa kegiatan antara lain, pertandingan sepak bola memperebutkan piala satu abad SDK Waipukang, malam kesenian, seminar nasional dan beberapa kegiatan inovatif lainnya. Khusus sepak bola hanya untuk SD dan SMP se-Kecamatan Ile Ape,” kata ketua panitia Satu Abad SDK Santo Yusuf Waipukang, Irenius Dolu Nilan, kepada PEN@ Katolik.

    Sekretaris Panitia Kanisius Ukeng menambahkan, fokus kegiatan lebih ditujukan kepada anak SD. “Maka, kita sangat mengharapkan seluruh alumni SDK Santo Yusuf Waipukang dan para simpatisan bersama memberikan sumbangsih pemikiran dan sumbangan untuk meningkatkan kualitas generasi yang akan datang,” jelas Kanis yang percaya bahwa gerakan literasi dan kesehatan harus benar-benar ditanamkan sejak dini “agar anak-anak dapat bersaing dalam dunia dewasa ini.”

    Seorang alumni SDK Waipukang, Vinsen Belawa Making, yang juga Wakil Ketua Stikes CHMK di Kupang membenarkan yang dikatakan oleh Kanis, “karena Lembata merupakan salah satu kabupaten yang tertinggal dalam bidang kesehatan, dengan satu hal mencolok, tingginya angka malaria.”

    Maka, bertepatan dengan HUT satu Abad SDK Waipukang, lanjut Sekretaris Eksekutif Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat (IAKMI) NTT itu, “kita menggandeng beberapa aliansi kesehatan seperti IAKMI NTT, Jaringan Mahasiswa Kesehatan Kota Kupang (JMK3), Undana, AMMAPAI dan Stikes CHMK, untuk memberikan pelajaran dan pelatihan kepada anak-anak SD guna menjadi promotor bidang kesehatan.”

    Selain itu, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) akan diperkuat di SDK Santo Yusuf Waipukang “yang akan menjadi sentral kegiatan kita,” kata Making seraya  berharap pada acara puncak nanti program itu dapat diluncurkan oleh pemerintah Kabupaten Lembata. (Emanuel Bataona)

    Copy of SDK St Yusuf

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI