Rolly Untu3

Ketika merayakan HUT ke-75 tanggal 10 April 2015, Uskup Manado Mgr Joseph Theodorus Suwatan MSC mengatakan sudah menyampaikan secara tertulis kepada Bapa Suci tentang batas usianya, dan “tinggal menanti jawaban.” Dan, jawaban tentang “pengunduran diri Uskup Manado, dan pengangkatan pengganti,” datang dua hari setelah Mgr Suwatan merayakan HUT ke-77.

“Bapa Suci telah menerima pengunduran diri dari reksa pastoral Keuskupan Manado, Indonesia, yang disampaikan oleh Yang Mulia Mgr Joseph Thedorus Suwatan MSC, dan telah mengangkat sebagai uskup Keuskupan Manado Pastor Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC, mantan Provinsial MSC untuk Indonesia,” tulis pengumuman yang disampaikan oleh Kantor Pers Vatikan, 12 April 2017

Juga diinformasikan bahwa Pastor Rolly Untu MSC yang lahir tanggal 4 Januari 1957 di Lembean, Sulawesi Utara, mengikuti pendidikan di Seminari Menengah Santo Fransiskus Xaverius Kakaskasen, Tomohon, dan selanjutnya menyelesaikan studi filsafat dan teologi di Seminari Pineleng.

Setelah mengikrarkan kaul kekal tanggal 15 Januari 1983 di Manado, Rolly Untu ditahbiskan imam tanggal 29 Juni 1983 di Manado.

Setelah tahbisan, peraih gelar diploma spiritualitas dari Adhyatma Vidya Pitha di Bangalore, India, dan lisensiat teologi dogmatik dari Universitas Katolik Leuven, Belgia, itu bertugas sebagai pastor pembantu Katedral Manado (1983-1984) dan kepala paroki Ratu Rosario Suci Tuminting, Manado (1984-1985).

Pastor Rolly Untu MSC pernah juga menjadi anggota staf novisiat MSC di Karanganyar, Purwokerto (1986-1991), pemimpin novisiat MSC Karanganyar (1989-1990), kepala paroki Santo Yosef Pekerja di Karanganyar (1987-1991).

Kemudian, mantan pembina di Skolastikat MSC Pineleng, dosen di Seminari Tinggi Pineleng, dan anggota Dewan Imam dan Dewan Konsultor Keuskupan Manado (1995-2005) itu menjadi wakil Pemimpin Provinsi Indonesia (1996-1997), wakil direktur Sekolah Tinggi Filsafat Pineleng (1998-2002); Pemimpin Skolastikat MSC Pineleng (2003-2005), asisten Pemimpin Provinsi MSC Indonesia (2005-2011), dan Pemimpin Provinsi MSC Indonesia (2011-2016).

Tanggal 12 April 2017 pukul 18.00, saat pengumuman pengangkatan Pastor Benedictus Estephanus Untu MSC menjadi Uskup Manado oleh Paus Fransiskus, Komunitas Provinsialat MSC Jakarta mengadakan ibadah Te Deum Laudamus (Tuhan, Engkau kami puji) di kapel Provinsialat, Kemakmuran, Jakarta. Saat itu, Pastor Yance Mangkey MSC yang pernah menjadi sekretaris Pemimpin Umum MSC di Roma dan Asisten General MSC, membacakan surat pemberitahuan resmi dari Duta Vatikan untuk Indonesia Uskup Agung Antonio Guido Filipazzi  Duta Vatikan.

Surat pemberitahuan resmi dari Duta Vatikan tentang diterimanya permohonan pengunduran diri Mgr Suwatan juga telah disampaikan sore itu kepada Mgr Suwatan. Pada hari yang sama, mantan provinsial MSC itu juga mengumumkan isi surat itu termasuk penggantinya pada awal Misa Krisma di Katedral Manado dan dalam pernyataan video oleh Komsos Keuskupan Manado.

“Terima kasih untuk umat Keuskupan Manado, selama 27 tahun saya diperkenankan menjadi gembala di keuskupan yang cukup luas ini, meliputi provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah,” kata Mgr Suwatan.

Mgr Suwatan mengaku sudah bekerja dengan senang dan kerja sama yang baik dalam keuskupan sendiri dan dengan gereja-gereja dan agama lain dalam Badan Kerjasama Antar Umat Beragama (BKSAUA), dan berterima kasih kepada pemerintah-pemerintah provinsi dan daerah.

Mgr Suwatan juga memohon doa bagi uskup terpilih menggantikan dia, agar “dengan lapang hati mendampingi dan menggembalakan umat di Keuskupan Manado dan bekerja sama dengan teman-teman dan saudara-saudara dari Gereja-Gereja, agama-agama dan pemerintah yang ada di Keuskupan Manado.” (paul c pati)

Rolly Untu2

mgr-joseph-suwatan-msc

Tinggalkan Pesan