uskup

Sejumlah tokoh Islam Indonesia dan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al-Saud bersama Presiden Joko Widodo telah membahas upaya penciptaan perdamaian di Indonesia  dalam pertemuan di Istana Merdeka Jakarta, 2 Maret 2017.

Menurut Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, seperti diberitakan oleh Antara sehari sebelumnya, Raja Arab Saudi itu dijadwalkan dua kali bertemu dengan tokoh organisasi masyarakat (ormas) Islam dan tokoh lintas agama dalam dua hari yang berbeda.

“Ada dua pertemuan dengan tokoh agama. Pertama, tokoh umat Islam dari ormas Islam, dan kedua dengan tokoh dari majelis agama yang sifatnya lintas agama,” kata Lukman. Topik pembicaraan pertemuan antara Raja Arab Saudi dengan para tokoh lintas agama itu, termasuk tiga uskup, menurut Lukman, adalah “bagaimana agama dapat dimanfaatkan menjadi landasan sekaligus tujuan untuk menciptakan peradaban dunia yang penuh kedamaian.”

Menteri agama itu menambahkan, “Upaya kita untuk menanggulangi tindak kekerasan, terorisme, ekstremisme akan lebih kita teguhkan melalui pertemuan itu.”

Menurut Sekretaris Eksekutif Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Pastor Siprianus Hormat Pr, seperti ditulis oleh mirifica.net, tiga uskup yang akan hadir dalam pertemuan dengan Raja Salman itu adalah Ketua KWI Mgr Ignatius Suharyo, Sekretaris Jenderal KWI Mgr Antonius Subianto Bunjamin OSC, dan Uskup Bogor sekaligus Ketua Komisi Kateketik KWI Mgr Paskalis Bruno Syukur OFM.

Dalam tulisan web iu juga dijelaskan bahwa ketiga nama itu diminta oleh Bapak Presiden melalui Bapak Menteri Agama, dan apa yang akan dibicarakan dengan Raja Salman belum diketahui oleh KWI.

Menurut Sekretaris Keuskupan Agung Jakarta Pastor Vincentius Adi Prasojo Pr, pertemuan Raja Salman dengan tokoh-tokoh lintas agama, termasuk KWI, akan berlangsung di Hotel Raffles, Jl Prof Dr Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, tanggal 3 Maret 2017 pukul 14.00 WIB.(pcp)

Tinggalkan Pesan