Dewan Kardinal

Pertemuan kedelapan belas antara Bapa Suci dengan Dewan Kardinal atau Kelompok Kardinal C-9, yang dimulai tanggal 13 Februari 2017 berakhir tanggal 15 Februari 2017. Di awal pertemuan, setelah menyalami Bapa Suci, koordinator kelompok itu Kardinal Oscar Andrés Rodríguez Maradiaga berterima kasih kepada Paus Fransiskus atas sambutan Natal dari Paus untuk Kuria Romawi tanggal 22 Desember 2016. Dalam sambutan itu, Paus mendorong dan membimbing karya Dewan itu.

Kardinal Rodríguez berbicara atas nama semua anggota Dewan. Menyangkut peristiwa yang baru-baru terjadi, Dewan Kardinal berjanji akan memberikan dukungan penuh pada karya Paus, seraya meyakinkan bahwa mereka akan selalu dekat dan setia kepada figur dan Magisterium Paus Fransiskus.

Pertemuan para anggota Dewan Kardinal itu berlangsung setiap pagi dari pukul 9:00 hingga 12: 30, dan setiap sore dari pukul 16:30 hingga 19:00. Dalam pertemuan kali ini, mereka melanjutkan pembicaraan mengenai berbagai Dikasteri Kuria. Secara khusus, mereka melanjutkan diskusi tentang Kongregasi Evangelisasi Bangsa-Bangsa (Propaganda Fide), Kongregasi Gereja-Gereja Oriental, dan Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama.

Para kardinal juga mulai memeriksa “Diakonia Keadilan.” Maka, mereka mereka siapkan waktu cukup untuk membicarakan Tribunal (pengadilan): Penitensial Apostolik, Mahkamah Agung Segnatura Apostolik, dan Tribunal Roman Rota (pengadilan banding).

Dalam pertemuan itu, Dewan juga mempelajari proses pemilihan calon Episkopat (uskup).

Kardinal George Pell melaporkan pekerjaannya di Sekretariat Perekonomian. Paus telah mempercayakan sepenuhnya kepadanya untuk mewujudkan reformasi ekonomi, dengan perhatian khusus pada aktivitas pembinaan pribadi dan sumber daya manusia.

Prefek Sekretariat Komunikasi, Mgr Dario Edoardo Vigano, menyampaikan keadaan reformasi komunikasi Tahta Suci saat ini, atau penyatuan Radio Vatikan dan Pusat Televisi Vatikan dalam dikasteri yang dipercayakan kepadanya.

Pertemuan-pertemuan sekretariat komunikasi itu sudah dimulai dengan Sekretariat Negara, Sekretariat Perekonomian, APSA, dan Kantor Tenaga Kerja guna mendampingi fase baru reformasi itu. Selanjutnya, dilaporkan rencana restrukturisasi frekuensi Radio Vatikan, dan disajikan kebijakan-kebijakan baru untuk dunia jaringan sosial. Akhirnya, direfleksikan proyek dimulainya perubahan rumah penerbitan Vatikan, Libreria Editrice Vaticana.

Pertemuan Dewan Kardinal berikut akan dilakanakan tanggal 24-26 April 2017. (pcp berdasarkan Radio Vatikan)

Tinggalkan Pesan