bishop-cruz-punched
Foto diambil dari nbcnewyork.com

Beberapa media di Amerika Serikat mewartakan bahwa pada hari Sabtu, 28 Januari 2017, saat Uskup Pembantu Newark Mgr Manuel Cruz sedang membawakan Doa Pembukaan dalam Misa sore di Katedral Hati Kudus Newark, Negara Bagian New Jersey, seorang pria meninggalkan bangkunya, mendekati altar, dan meninju wajah uskup itu.

Uskup berusia 63 tahun itu jatuh di belakang altar dan kemudian dibawa ke rumah sakit untuk pengobatan. Meskipun dikatakan bahwa luka-lukanya tidak serius, namun uskup itu perlu dua jahitan di bibir dan beberapa giginya goyang.

Pria penyerang berusia 48 tahun yang bernama Charles Miller itu ditangkap dan ditahan di Kantor Polisi Essex dengan dakwaan penyerangan, demikian juru bicara kantor polisi itu, Kevin Lynch.

Serangan itu terjadi dalam Misa yang dirayakan untuk memperingati 44 tahun kematian Roberto Clemente, pemain bisbol profesional dari Puerto Rico.

Selain masuk Baseball Hall of Fame Nasional, Clemente dikenal karena karya kemanusiaan. Dia meninggal dalam kecelakaan pesawat tahun 1972 ketika sedang dalam perjalanan untuk memberikan bantuan kemanusiaan bagi korban gempa di Nikaragua.

Sebuah informasi website menjelaskan, karena penyerangan itu, Misa dijadwal ulang pada tanggal 29 Januari 2017 di sebuah gereja di dekatnya.

Ada informasi yang mengatakan bahwa Miller tidak punya riwayat kriminal, namun Juru Bicara Departemen Keamanan Newark Kapten Derek Glenn menegaskan bahwa kantor polisi daerah itu mengamankan katedral itu dan sedang melaksanakan investigasi.

“Kami bersyukur bahwa aparat penegak hukum mampu menangkap si penyerang,” kata juru bicara Keuskupan Agung Newark James Goodness kepada para wartawan. “Ini tidak kami harapkan terjadi di setiap gereja kami,” tegasnya. (pcp berdasarkan CNA, nbcnewyork.com, TAPintoNewark)

Tinggalkan Pesan