4616475

PEKAN BIASA III
Pesta Pertobatan Santo Paulus, Rasul (P)
Penutupan Pekan Doa Sedunia

Bacaan I: Kis. 22:3–16 atau Kis 9:1–22

Mazmur: 117:1.2. Ref.: Mrk. 16:15

Bacaan Injil: Mrk. 16:15–18

Sekali peristiwa, Yesus yang bangkit dari antara orang mati menampakkan diri kepada kesebelas murid, dan berkata kepada mereka: ”Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang per­caya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh.”

Renungan

Paulus mendapat panggilan dengan cara yang cocok dengan jalan hidupnya yang keras, disiplin, dan penuh pertentangan. Ia mendapat anugerah penglihatan bersama Yesus sehingga ia mengalami perubahan. Perubahan Paulus tidak tanggung-tanggung. Ia tidak pernah sama lagi sejak mengikuti Kristus. Sering kita ikut Kristus, tetapi hidup kita setengah-setengah dan kurang serius, sehingga kering dan bahkan tanpa ”greget” yang membantu pertumbuhan.

Tugas Paulus bukan hanya berubah dalam hidup, tetapi berguna bagi perluasan Kerajaan Allah. Jika kita diubah Allah, itu berarti ada misi lebih besar yang sedang dikerjakan Allah kepada kita. Jangan hanya puas jika kita semakin sabar, atau jika kita semakin rajin ke Gereja. Kita perlu memperluas panggilan itu menjadi panggilan mewartakan, memberi kesaksian, mau melayani lebih baik lagi. Keselamatan bukan untuk dinikmati sendiri, melainkan untuk membantu saudara yang lemah imannya.

Ya Allah, terima kasih aku boleh mengerti kisah Santo Paulus yang Kauubah menjadi rasul segala bangsa. Semoga Engkau berkenan memberiku semangat dan inspirasi untuk memberi yang terbaik yang aku punya dari anugerah-Mu. Amin.

Tinggalkan Pesan