L_4643

PEKAN BIASA III

Peringatan Wajib Santo Fransiskus dari Sales, Uskup dan Pujangga Gereja (P);

Santo Felisianus dan Primus

Bacaan I: Ibr 10:1–10

Mazmur: 40:2.4ab.7–8a.10.11; R:8a.9a

Bacaan Injil: Mrk 3:31–35

Sekali peristiwa datanglah ibu dan saudara-saudara Yesus ke tempat Ia sedang mengajar. Sementara mereka berdiri di luar, mereka menyuruh orang memanggil Dia. Ada orang banyak duduk mengelilingi Dia, mereka berkata kepada-Nya: ”Lihat, ibu dan saudara-saudara-Mu ada di luar, dan berusaha menemui Engkau.” Jawab Yesus kepada mereka: ”Siapa ibu-Ku dan siapa saudara-saudara-Ku?” Ia melihat kepada orang-orang yang duduk di sekeliling-Nya itu dan berkata: ”Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku! Barangsiapa melakukan kehendak Allah, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku.”

Renungan

Kita perlu belajar meneliti hidup agar setiap hari kita mengalami pertumbuhan. Kadang-kadang kita suka dengan masa lalu, lagu lama, tata cara lama, maupun kepercayaan lama. Yesus memberi kita cara baru untuk percaya. Ia hanya ingin kita percaya pada-Nya yang telah memperdamaikan kita dengan Allah Bapa. Setiap hari kepercayaan yang bertumbuh itu kelihatan dalam keputusan dan acara-acara bersama.

Hanya dengan melakukan kehendak Tuhan yang dituliskan dalam Kitab Suci, kita mendapat tuntunan dari Allah melalui sabda kekal-Nya. Bukan hanya membaca dan mengingat, tetapi juga melakukan apa yang baik yang telah dituliskan di sana. Yesus sendiri menegaskan: “Barangsiapa melakukan kehendak Allah, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku.”

Ya Allah, jadikanlah aku bait suci-Mu yang setia pada-Mu. Ajaklah aku mengikuti teladan-Mu dan melakukan kehendak-Mu yang baik. Aku ingin menjadi sahabat-Mu agar semakin banyak orang menyadari diri sebagai anak-anak Bapa dan sahabat-sahabat Yesus karena hidupnya dipimpin oleh Tuhan. Amin.

Tinggalkan Pesan