christmas-spirit

PEKAN SEBELUM EPIFANI (P)

Gaspar, Melkior, dan Balthasar, Tiga Raja;
Beato Didakus Yosef dari Sadiz, Imam

Bacaan I: 1Yoh. 5:5-13

Mazmur: 147:12-13.14-15.19-20; R: 12a

Bacaan Injil: Mrk. 1:7-11 (atau Luk. 3:23-38)

Tatkala banyak orang datang minta dibaptis, Yohanes memberitakan, ”Sesudah aku akan datang Ia yang lebih berkuasa dari padaku; membungkuk dan membuka tali kasut-Nya pun aku tidak layak. Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus.” Pada waktu itu datanglah Yesus dari Nazaret di tanah Galilea, dan Ia dibaptis di sungai Yordan oleh Yohanes. Pada saat Ia keluar dari air, Ia melihat langit terkoyak, dan Roh seperti burung merpati turun ke atas-Nya. Lalu terdengarlah suara dari surga: ”Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan.”

Renungan

Yohanes mengabarkan bahwa Allah yang Mahakuasa dan Tritunggal adalah Allah kita yang membuat hidup kita sempurna sebagai makhluk yang dikasihi-Nya. Kesatuan Allah Tritunggal mendorong kita untuk percaya akan kata-kata Yesus dan percaya akan kesaksian-Nya. Yesus sebagai Tuhan kita temukan dalam Alkitab yang kita baca setiap hari menguatkan kita dengan kesaksian yang dapat kita lakukan di dunia ini dan membawa keselamatan bagi kita kelak di surga.

Betapa taat dan berimannya Yohanes, mengakui Yesus sebagai Allah dan menghormati-Nya dengan penuh iman sebagai Yang Mahatinggi. Kita dapat menjadi seperti Yohanes yang memuliakan Yesus dan melakukan segala sesuatu dengan tujuan agar nama Yesus dikenal dan dimuliakan oleh banyak orang. Bersediakah kita memuliakan nama Tuhan dengan pelayanan kita dalam keluarga, masyarakat, dan dalam Gereja? Jika bukan kita yang mengambil bagian, siapa lagi yang mau memuliakan nama Tuhan Yesus?

Ya Roh Kudus, berkatilah aku agar aku siap melakukan pelayanan yang tulus dengan hati yang gembira. Bantulah aku agar tidak terikat dengan kepentingan diriku sendiri saja, melainkan menyediakan waktu untuk melayani dan memuliakan nama Allah. Amin.

Tinggalkan Pesan