imam-baru-ofm5

Setiap orang yang ditahbiskan imam biasanya memiliki motto tahbisan sendiri. Namun, ketika hendak ditahbiskan bersama, enam calon imam ini sepakat memilih motto bersama dari Wahyu 14:46, ”Mereka mengikuti Anak Domba Ke Mana Saja Ia Pergi.”

Sesuai motto itu, Uskup Emeritus Bogor Mgr Michael Angkur OFM dalam homili mengingatkan mereka untuk setia mengikuti Kristus. “Menjadi imam adalah Alter Christus maka hidup pun diisi dengan Injil yang disabdakan, terutama mengkhotbahi diri sendiri dahulu dan mencintai setiap peristiwa yang dibawakan. Dengan pilihan mengikuti anak domba ke mana saja pergi berarti siap diutus pergi ke tempat pembantaian.”

Didampingi Provinsial OFM Indonesia, Pastor Adrianus Sunarko OFM dan Vikjen Keuskupan Ruteng Pastor Alfons Sigar, Mgr Michael Angkur OFM menahbiskan imam Diakon Yosef Berman Siba Abstra Sitanggang OFM, Diakon Fransiskus Andry Hanafi Tjipto OFM, Diakon Wilhelmus Kollo OFM, Diakon Wilhelmus Yornes Opestrano Panggur OFM, Diakon Wolfhelmus Apriliano OFM, dan Diakon Markus Virgilius Hezron OFM.

Tahbisan Imam keenam saudara dina itu dilaksanakan di Paroki Santo Fransiskus Asisi, Karot, Ruteng, NTT, 21 November  2016.

Sebelumnya keenam imam baru itu menerima tahbisan diakon dari Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo di Katedral Santa Maria Diangkat Ke Surga Jakarta, tanggal 25 Juli 2016. Bahkan dalam tahbisan itu Mgr Suharyo mengatakan, “Semoga setelah ditahbiskan menjadi diakon, mereka juga rela menjadi martir.”

Setelah tahbisan, keenam imam baru ditugaskan di tempat berbeda, Pastor Yosef Berman Siba Abstra Sitanggang OFM di Tanah Suci, Yerusalem, Pastor Fransiskus Andry Hanafi Tjipto OFM di Paroki Baradatu, Keuskupan Tanjung Karang, Pastor Wilhelmus Kollo OFM di Paroki Fransiskus Asisi, Karot, Keuskupan Ruteng, Pastor Wilhelmus Yornes Opestrano Panggur OFM di Aeramo, Keuskupan Ende, Pastor Wolfhelmus Apriliano OFM di di Tentang, Keuskupan Ruteng, dan Pastor Markus Virgilius Hezron OFM di Atambua, Keuskupan Atambua.

Secara bersama-sama keenam imam baru itu memberkati Uskup yang menahbiskan mereka Mgr Michael Angkur OFM, kemudian memberkati orangtua masing-masing dan semua umat, dan setelah Misa tahbisan itu terlihat seluruh umat ‘mengucap syukur” lewat Tarian Sae bersama-sama.(ak)

imam-baru-ofm

Pastor Fransiskus Andry Hanafi Tjipto OFM, adik dari Frater Mingry OP

imam-baru-ofm3

imam-baru-ofm4

imam-baru-ofm7

 

Tinggalkan Pesan