catholic-app

Sebuah keuskupan meluncurkan apa yang dipercayainya sebagai app yang bisa digunakan penggunanya untuk menemukan tempat perayaan Misa dan Pengakuan Dosa yang terdekat dan bisa dijangkau dengan cepat serta bagaimana datang ke gereja itu lewat pengarahan GPS.

App Katolik itu dikembangkan oleh Keuskupan Agung St Andrews dan Edinburgh bersama dengan Musemantik, perusahaan teknologi dari Skotlandia. Perusahaan yang berbasis di Edinburgh itu berharap keuskupan-keuskupan lain di seluruh dunia akan membeli app itu bersama dengan lima keuskupan lain di Skotlandia yang sudah mengatakan tertarik.

Keuskupan Angung St Andrews dan Edinburgh, yang meliputi wilayah sekitar 2,000 mil persegi itu, memiliki lebih dari 110 paroki. App itu akan berisi data terkini tentang semua waktu Misa dan peristiwa kegerejaan.

App Katolik diluncurkan hari Selasa, 22 November 21016, di Vatikan. Uskup Agung St Andrews dan Edinburgh Mgr Leo Cushley, yang berada Vatikan karena pemimpin sebuah ziarah mengatakan, “Inilah sedikit teknologi pintar yang bisa membuat dampak besar pada cara Gereja Katolik membawa belas kasih Allah dan sukacita Injil kepada dunia kontemporer kita.”

Agar semarak Skotlandia terasa dalam peluncuran itu, Uskup Agung Cushley disertai oleh Mauro Nenci, wakil pemimpin pasukan terompet dari Pasukan Terompet Kota Roma.

Kepala Paroki Fransiskus Xaverius Falkirk Jamie Boyle BD yang juga berada di Roma untuk peluncuran itu mengatakan, ia yakin app itu akan populer. “Selama Tahun Yubileum Belas Kasih itu terlihat ada kemajuan dalam jumlah orang yang mau kembali mengaku dosa tetapi mereka tidak tahu pasti di mana atau kapan bisa,” kata imam dari Keuskupan Agung St Andrews dan Edinburgh itu.

“App ini benar-benar akan membantu umat menjawab kedua pertanyaan itu dan saya harap pastor paroki di seluruh dunia merasakan app ini berguna dalam menginjili umat lokal mereka. Juga, biasanya umat lebih suka mengaku dosa kepada imam mereka tidak kenal – misalnya, banyak orang pergi ke paroki pusat di kota kami untuk pengakuan – maka app ini akan lebih memudahkan umat untuk menemukan pastor yang tak dikenal itu di paroki lain jika memang itu yang dipilih,” lanjut imam itu.

App Katolik akan diluncurkan awal tahun depan bersamaan dengan Musemantik. Pendiri Musemantik Dr Maciej Zurawski mengatakan, “Website sedang kehilangan popularitas – yang dibutuhkan oleh generasi ponsel adalah app yang cerdas dan pribadi, app yang serupa dengan pasangan, teman yang punya prakarsa menginspirasi kalian – itulah visi App Katolik.”

Hadir juga Prefek Sekretariat Vatikan untuk Komunikasi Mgr Dario Edoardo Vigano. Dia langsung memuji peluncuran itu. “Saya mengucapkan selamat kepada Uskup Agung Cushley, Keuskupan Agung St Andrews dan Edinburgh, dan Gereja Katolik di Skotlandia karena begitu imajinatif menanggapi panggilan Bapa Suci untuk membawa belas kasih Allah kepada masyarakat modern lewat sarana-sarana komunikasi modern.” Maka, Mgr Vigano yakin bahwa Gereja di banyak bagian lain dunia “mencatat peluncuran ini, hari ini.” (paul c pati berdasarkan BT.Com dan Radio Vatikan)

archbishop-leo-cushley-holds-up-a-poster-showing-how-a-new-app-to-find-the-nearest-church-for-holy-mass-or-confession-is-going-to-look-like-ap

catholic-app1

 

Tinggalkan Pesan