hierarchie-des-anges

PEKAN BIASA XXXII
Peringatan Wajib Santo Leo Agung, Paus PujG. (P)
Santo Andreas Avelino

Bacaan I: Flm. 7-20

Mazmur: 112:1-2.3-4.5-6; R:1a

Bacaan Injil: Luk. 17:20-25

Sekali peristiwa orang-orang Farisi bertanya kepada Yesus, kapan Kerajaan Allah datang. Yesus menjawab: ”Kerajaan Allah datang tanpa tanda-tanda lahiriah, juga orang tidak dapat mengatakan: Lihat, ia ada di sini atau ia ada di sana! Sebab sesungguhnya Kerajaan Allah ada di antara kamu.” Dan Ia berkata kepada murid-murid-Nya: ”Akan da­tang waktunya kamu ingin melihat satu dari pada hari-hari Anak Manusia itu dan kamu tidak akan melihatnya. Dan orang akan berkata kepadamu: Lihat, ia ada di sana; lihat, ia ada di sini! Jangan kamu pergi ke situ, jangan kamu ikut. Sebab sama seperti kilat memancar dari ujung langit yang satu ke ujung langit yang lain, demikian pulalah kelak halnya Anak Manusia pada hari kedatangan-Nya. Tetapi Ia harus menanggung banyak penderitaan dahulu dan ditolak oleh angkatan ini.”

Renungan

Hidup bahagia dan damai adalah dambaan semua orang. Dan inilah cita-cita kita bersama. Perwujudnyataan tujuan hidup ini hanya dapat dialami bila setiap orang memiliki kehendak dan ketulusan untuk berbuat baik dan saling memberikan rasa cinta. Di mana ada cinta kasih, di sana Tuhan ada.

Yesus menegaskan bahwa kebahagiaan dan damai sejahtera sesungguhnya sudah ada di sekeliling kita dan di dalam diri kita. Oleh karena itu, setiap kita diundang untuk menemukan dan menghidupinya serta menyatakannya dalam hidup bersama yang dipenuhi cinta dan sayang. Mencintai sesama dalam semangat pengampunan dan persaudaraan adalah wujud hadirnya Kerajaan Allah dalam dunia ini. Cinta kasih itu tidak bisa digenggam, tidak bisa dilihat, tetapi akan terasa sentuhannya pada saat kita berbagi kasih dan pengampunan. Cinta kasih bukan teori, bukan pula lantunan syair indah nan mendebarkan, tetapi sebuah penghayatan.

Allah Bapa Yang Mahabaik, berilah aku hati penuh kasih untuk memandang satu sama lain dalam semangat persaudaraan dan pengampunan tiada batas. Jadikanlah aku tanda cinta kasih-Mu. Amin.

Tinggalkan Pesan