malaikat

PEKAN BIASA XXVI
Pesta Para Malaikat Agung (P)
Santo Siriakus; Santa Theodota dari Philippopolis

Bacaan I: Dan. 7:9-10.13-14 atau Why. 12:7-12a

Mazmur: 138:1-2a.2b-3.4-5 R: 1b

Bacaan Injil: Yoh. 1:47-51

Pada waktu itu Natanael datang kepada Yesus atas ajakan Filipus. Tatkala melihat Natanael datang, Yesus berkata tentang dia: ”Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!” Kata Natanael kepada-Nya: ”Bagaimana Engkau mengenal aku?” Jawab Yesus kepadanya: ”Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara.” Kata Natanael kepada-Nya: ”Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!” Yesus menjawab, kata-Nya: ”Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu.” Lalu kata Yesus kepadanya: ”Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia.”

Renungan

Agama-agama besar, seperti Kristen, Islam, Hindu dan Buddha sama-sama percaya akan adanya makhluk-makhluk supranatural yang diberi nama malaikat (Kristen dan Islam) atau Gandarva/gandarwa (Hindu dan Buddha). Mereka tinggal di Surga atau khayangan dan memiliki tugas dan peran yang khusus.

Hari ini Gereja merayakan Pesta Para Malaikat Agung, yang dari kesaksian Kitab Suci kita mengenal nama-nama Mikael, Gabriel, dan Rafael. Para malaikat agung ini hanya sebagian dari, menurut Kitab Wahyu, sejumlah besar malaikat di Surga. Menarik bahwa para malaikat ini memiliki peran khusus yang diberikan oleh Allah. Keberadaan dan karya para Malaikat Agung ini meyakinkan kita akan kepenuhan janji Allah untuk ‘ada senantiasa dan menyertai’ kita semua sampai akhir zaman. Melalui fungsi dan peran para malaikat dan Malaikat Agung ini, kehadiran dan penyertaan Allah senantiasa dialami dan dirasakan manusia.

Kabar gembira disampaikan kepada kita melalui pesta para Malaikat Agung ini bahwa dalam menghadapi berbagai permasalahan, jangan takut dan bimbang; Mikael akan membantu kita berperang melawan kuasa kegelapan, Gabriel akan menyampaikan kabar gembira Allah, dan Rafael akan siap menyalurkan rahmat penyembuhan Allah kepada kita.

Ya Tuhan, aku senantiasa bersyukur atas kebaikan-Mu yang Kauberikan kepadaku melalui para Malaikat Agung-Mu. Amin.

Tinggalkan Pesan