Filipus-dan-Natanael

PEKAN BIASA XXI
Pesta Santo Bartolomeus, Rasul (M)
Santa Emilia de Vialar.

Bacaan I: Why. 21:9b-14

Mazmur: 145:10-13b.17-18; R: lh. 12

Bacaan Injil: Yoh. 1:45-51

Sekali peristiwa, Filipus bertemu dengan Natanael dan berkata kepadanya: ”Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret.” Kata Natanael kepadanya: ”Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?” Kata Filipus kepadanya: ”Mari dan lihatlah!” Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: ”Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!” Kata Natanael kepada-Nya: ”Bagaimana Engkau mengenal aku?” Jawab Yesus kepadanya: ”Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara.” Kata Natanael kepada-Nya: ”Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!” Yesus menjawab, kata-Nya: ”Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu.” Lalu kata Yesus kepadanya: ”Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia.”

Renungan

Mari kita berkenalan dengan suatu tokoh penting dalam Injil Yohanes, yaitu Natanael. Dikisahkan, Natanael dibawa oleh Filipus yang berkata kepadanya: ‘Kami telah menemukan Dia, yang telah disebut oleh Musa dalam Kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret’. Lalu Natanael mengungkapkan pendapat pribadinya yang terkenal: ‘Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?’ Kata-katanya inilah yang membuat Yesus memanggilnya dengan sebutan: Israel sejati.

Ada satu ungkapan yang harus diketahui dari kisah Natanael, yaitu ”Di bawah pohon ara”. Ini adalah ungkapan atau pribahasa dalam budaya Yahudi untuk mengungkapkan: ”orang yang membaca dan mempelajari Kitab Suci”. Natanael adalah pribadi yang baik dan suci; dia membaca Kitab Suci dan mempelajarinya dengan mendalam. Maka tidak heran bila Natanael langsung mengenali Yesus sebagai: ”Engkaulah Anak Allah, Engkau Raja orang Israel”.

Satu janji Yesus kepada Natanael, yaitu: ”engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar daripada itu.” Inilah janji Tuhan yang diberikan juga kepada setiap pribadi yang mau membaca dan mempelajari Kitab Suci dengan sepenuh hati, mempelajari jalan-jalan Allah dan mewartakannya kepada sesama: Melihat hal-hal yang lebih besar!

Tuhan Yesus, beri aku rahmat-Mu untuk mulai mencintai Kitab Suci, membacanya tanpa kenal lelah dan menghayatinya sepenuh hati, sehingga aku boleh melihat anugerah-Mu yang lebih besar dalam hidupku. Amin.

 

Tinggalkan Pesan