pope

Paus Fransiskus telah mengirim telegram kepada Master Jenderal Ordo Pewarta (Dominikan) yang saat ini sedang menyelenggarakan Sidang Umum para Provinsial di Bologna, sebuah kota di Italia bagian tengah, 15 Juli – 5 Agustus 2016.

Sidang Umum para Provinsial ini adalah yang kedua dari tiga Sidang Umum dengan ciri khusus. Sidang tiga tahun sekali itu berlangsung dalam siklus 9 tahun dan berakhir dengan pemilihan Master Jenderal yang baru. Urutannya dimulai dengan Sidang Umum para delegatus, yang dalam bahasa Dominikan disebut “diffinitors.” Selanjutnya, Sidang Umum Para Provinsial, dan kemudian, Sidang Umum Pemilihan.

Sidang Umum Para Provinsial, yang dibuka dengan Misa Roh Kudus di Basilika Santo Dominikus, basilika yang menyimpan jenazah orang kudus itu, berlangsung dalam konteks hari ulang tahun ke-800 pengakuan Ordo itu di bawah Paus Honorius III, 1216, dan di tengah-tengah Tahun Yubileum Kerahiman.

Dalam telegram, yang ditandatangani oleh Sekretaris Negara, Kardinal Pietro Parolin, Paus Fransiskus mengungkapkan harapan agar semua anggota Dominikan menemukan sarana spiritual yang diperlukan untuk mendedikasikan kembali diri mereka pada karisma dan warisan Bapa Pendiri mereka Santo Dominikus, yang merupakan “rasul yang tak kenal lelah memberikan  kasih karunia dan pengampunan, belas kasih terhadap kaum miskin, dan pembela kebenaran yang setia.”

Bapa Suci juga meminta semua Dominikan untuk “Memberi kesaksian tentang belas kasihan, mengakuinya, dan mewujudkannya dalam kehidupan.”

Telegram Paus Fransiskus itu diakhiri dengan seruan bagi seluruh keluarga Dominikan dan semua anggotanya untuk menjadi tanda-tanda kedekatan dan kelembutan Allah, sehingga kini masyarakat bisa menemukan kembali urgensi solidaritas, cinta, dan pengampunan.

Dalam telegram berbahasa Italia itu, Bapa Suci juga menyampaikan Berkat Apostolik untuk Master Jenderal, semua biarawan peserta Sidang Umum itu, dan segenap anggota Ordo Pewarta.

Seraya memohon doa dari Pastor Bruno Cadore OP dan semua biarawan peserta sidang itu untuk mendukung pelayanan Santo Petrus yang dikerjakannya, Paus Fransiskus memohon agar melalui perantaraan Santa Perawan Maria Ratu Rosario dan semua orang kudus dari Keluarga Dominikan, dan memberikan berkat apostolik “kepadamu, juga kepada semua biarawan peserta sidang, dan dengan senang hati memperluas berkat itu kepada segenap Ordo.”

Sidang itu merupakan bagian dari kegiatan untuk merayakan Yubileum 800 Tahun Persetujuan Ordo Pewarta oleh Paus Honorius III tahun 1216. Tahun Yubileum itu dibuka tanggal 7 November 2015 dan akan ditutup tanggal 21 Januari 2017. Sudah beberapa kegiatan dilakukan dan masih ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan di tingkat provinsi, regional dan internasional dalam perayaan Yubileum itu.

Salah satu kegiatannya adalah ziarah napak tilas Santo Dominikus yang dilakukan para biarawan dan suster Dominikan muda yang dipimpin oleh Pastor Bruno Cadore, Master Ordo. Ziarah dimulai di Spanyol dan berakhir di Bologna pada hari yang sama dibukanya Sidang Umum itu. Maka ada hari tertentu saat para biarawan peserta sidang dan biarawan peziarah bertemu.(paul c pati dari berbagai sumber)

Capitulo-1

1965

Basilika Santo Dominikus, basilika yang menyimpan jenazah orang kudus itu

 

 

Tinggalkan Pesan