primopiano_1737

Imam-imam Kamilian melanjutkan proyek kesehatan mereka di daerah sungai terbesar di dunia. Kita berbicara tentang “Imam-imam Kamilian di mulut Amazon” dan Pastor Raúl Matte, imam Kamilian dan dan dokter, yang telah mengurus masyarakat adat di delta besar Sungai Amazon selama 40 tahun.

Berkat sebuah ‘perahu rumah sakit,’ Pastor Raúl mengunjungi ribuan pasien, di tempat yang tidak bisa didatangi dokter. Berkat proyek ini, luasnya pengaruh beberapa penyakit, seperti kusta, telah menurun jauh. Yang lain, seperti anemia, malaria dan penyakit parasit dikontrol melalui informasi dan pelatihan.

Pastor Raúl tiba di Amapá, Negara Bagian Para di pantai Atlantik utara, tahun 1972. Dengan perahu rumah sakitnya, yang disumbangkan oleh Ordo Malta, ia telah mencapai tempat yang paling terpencil untuk memberikan bantuan.

Imam-Imam Kamilan atau Tarekat Hamba Orang-Orang Sakit didirikan tahun 1584 oleh Santo Kamilus de Lellis. Pada tahun yang sama, dia ditahbiskan imam. Orang kudus itu lahir di Bocchionico, Italia tengah, tahun 1550. Santo Kamilus de Lellis adalah seorang putra dari pejabat militer yang terkenal, sehingga dia harus diawasi ketat oleh ayahnya, terlebih setelah kematian ibunya.

Pada usia 17 tahun, ia pernah menjadi tentara Venesia. Akan tetapi, tujuh tahun kemudian ia dipecat karena lekas naik darah dan suka berjudi. Setelah meninggalkan dunia militer, Kamilus semakin gemar berjudi sehingga berkali-kali ia jatuh miskin dan akhirnya menjadi pengemis. Pada 1574, ia menjadi pekerja bangunan di biara kapusin Manfredonia. Di biara itulah dia menjadi Kristen lalu melamar menjadi bruder Kapusin.

Anggota Tarekat Imam-Imam Kamilan mengabdikan dirinya pada pelayanan orang-orang sakit. Dua tahun berikutnya, kongregasi ini direstui oleh Paus Sixtus V tahun 1586. Tahun 1591, Paus Gregorius XIV meningkatkan statusnya menjadi ordo religius. Kamilus menjadi pemimpin pertama ordo itu dan membangun biara-biara di Napoli dan kota-kota Italia lainnya.

Kamilus meninggal dunia tanggal 14 Juli 1614 di usia 64 tahun. Jenazahnya dikuburkan di Gereja Santa Maria Magdalena di Roma. Kamilus dinyatakan beato tahun 1742 dan digelari santo oleh Paus Benediktus XIV tahun 1746. Ia dihormati sebagai santo pelindung orang-orang sakit, para perawat dan organisasi kesehatan. (pcp berdasarkan Agenzia Fides dan Wikipedia)

Tinggalkan Pesan