jesus-ascension-hidup-katolik

HR KENAIKAN TUHAN–PEKAN PASKAH VI (P)

Santo Hilarius dari Arles; Santa Yutta;
Santo Angelus; Beato Vinsent Soler

Bacaan I: Kis. 1:1-11

Mazmur: 47:2-3.6-7.8-9; R:6

Bacaan II: Ibr 9:24-28; 10:19-23

Bacaan Injil: Luk 24:46-53

Sesudah bangkit dari antara orang mati, Yesus menampakkan diri kepada para murid. Kata-Nya kepada mereka: ”Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga, dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem. Kamu adalah saksi dari semuanya ini. Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi.”

Lalu Yesus membawa mereka ke luar kota sampai dekat Betania. Di situ Ia mengangkat tangan-Nya dan memberkati mereka. Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke surga. Mereka sujud menyembah kepada-Nya, lalu mereka pulang ke Yerusalem dengan sangat bersukacita. Mereka senantiasa berada di dalam Bait Allah dan memuliakan Allah.

Renungan

Pada suatu malam, seorang murid Yesus bermimpi. Di dalam mimpi itu, ia melihat bahwa pada jalan-jalan yang sudah dilewatinya, ada dua pasang bekas telapak kaki. Ketika dia bertanya tentang bekas-bekas telapak kai itu, Yesus menjawab bahwa kedua pasang bekas telapak kaki itu adalah milik mereka berdua. Sepanjang perjalanan hidupnya, Yesus selalu menemaninya. Tetapi dia mengamati justru pada saat-saat sulit hanya ada satu bekas telapak kaki di atas tanah. Karena itu, ia mengeluh: ”Tuhan, engkau berjanji bahwa begitu saya mengikuti Engkau, maka Engkau akan selalu menyertai saya. Tetapi lihatlah, pada saat-saat sulit, Engkau malah meninggalkan saya sendirian. Saya tidak melihat bekas kaki-Mu di atas tanah.” Lalu Tuhan menjawab: ”Anak-Ku, Aku tidak pernah meninggalkan Engkau sendirian. Justru pada saat-saat yang paling sulit di dalam hidupmu, pada saat itulah Aku memikul engkau di atas pundak-Ku. Itulah sebabnya engkau melihat cuma satu pasang telapak kaki di atas tanah. Itu adalah bekas telapak kaki-Ku yang sedang menggendong engkau.”

Pada hari ini ketika kita merayakan Kenaikan Yesus ke Surga, kita hendaknya ingat janji Yesus bahwa Dia tidak akan meninggalkan kita sendirian. Dia akan menganugerahkan kita Roh Kudus yang akan mendampingi kita dalam menjalankan hidup sebagai murid-murid Yesus. Mari kita mensyukuri rahmat iman kita ini yang membuat kita begitu istimewa di hadapan Allah.

Tuhan, syukur kepadamu karena Engkau tidak meninggalkan aku bagaikan yatim piatu. Amin.

 

Tinggalkan Pesan