perjalanan-ke-tahta-tuhan-3-638

PEKAN PASKAH VI
Pesta Santo Filipus dan Yakobus, Rasul (M)

Bacaan I: 1Kor. 15:1-8

Mazmur: 19:2-3.4-5; R:5a

Bacaan Injil: Yoh. 14:6-14

Dalam amanat perpisahan-Nya Yesus berkata kepada Tomas: ”Akulah jalan, kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia.” Kata Filipus kepada-Nya: ”Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami.” Kata Yesus kepadanya: ”Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa; dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.”

Renungan

Dalam bacaan pertama hari ini, Rasul Paulus menegaskan kembali inti Injil yang diwartakannya kepada umat di Korintus, yang imannya sedang terombang-ambing. Paulus menegaskan bahwa inti Injil yang diwartakannya adalah bahwa Kristus telah mati untuk menebus dosa manusia dan seturut Kitab Suci Dia dikuburkan, dan pada hari ketiga bangkit dari antara orang mati. Kemudian Dia menampakkan diri kepada Petrus dan rasul-rasul serta sejumlah orang lain lagi sebelum akhirnya Dia menampakkan diri kepada dirinya. Paulus meluruskan dan menegaskan hal ini karena ada orang-orang lain yang muncul di Korintus dan mewartakan Injil yang menyesatkan.

Penegasan yang sama disampaikan oleh Yesus di dalam Injil hari ini kepada Rasul Filipus yang tidak percaya bahwa Bapa berada dalam Yesus dan Yesus di dalam Bapa. ”Percayalah kepada-Ku bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku,” tandas Yesus. Sebagai orang beriman, yang mungkin bimbang seperti umat di Korintus atau Rasul Yakobus, terkadang kita membutuhkan teguran dari Tuhan. Mungkin melalui peristiwa-peristiwa tertentu dalam hidup, Tuhan ingin menegur kita atau menegaskan kembali apa yang sepantasnya kita lakukan. Bersama Rasul Filipus dan Yakobus, yang pestanya kita rayakan hari ini, mari kita meneguhkan kembali iman kepercayaan kita kepada-Nya dengan tiada henti merenungkan Firman Tuhan dan kebenaran-Nya.

Tuhan, aku sering bimbang dan ragu. Teguhkanlah imanku untuk selalu percaya pada Sabda-Mu. Amin.

 

 

Tinggalkan Pesan