30 April 2016

PEKAN PASKAH V (P)
Santo Marianus dan Yakobus;
Santo Pius V, Paus; Santo Yosef-Benedik Cottolengo

Bacaan I: Kis. 16:1-10

Mazmur: 100:1-2.3.5; R:1a

Bacaan Injil: Yoh. 15:18-21

Dalam amanat perpisahan-Nya, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: ”Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu. Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu. Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu. Tetapi semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku, sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku.”

Renungan

“Ketika di novisiat,” kenang seorang Pastor, ”kami rutin menggelar dan mengikuti kegiatan dialog lintas agama dan kepercayaan. Kami tidak terlalu banyak berdiskusi tentang perbedaan doktrin, melainkan berusaha untuk menyadari visi keselamatan universal dan mencari solusi atas aneka konflik sosial bermotif SARA. Suatu hari komunitas kami tampil bersama, dan sambil bergandengan tangan kami bernyanyi lagu ‘We Are the World’ yang ditulis oleh Michael Jackson dan Lionel Richie. Setelah bernyanyi, beberapa sahabat Muslim dihampiri oleh temannya yang tertawa dan berkata: ‘Hebat, sejak kapan kalian dibaptis menjadi kafir?’”

Banyak orang yang berkehendak baik di dunia ini. Mereka tidak pernah menyerah melakukan aneka karya kemanusiaan, mengusahakan yang terbaik bagi sesamanya, tanpa pandang bulu. Tetapi tidak sedikit tantangan dan tidak kecil pula rintangan yang menghadang. Yesus mengajak kita untuk tidak pernah menyerah berbuat baik, tidak pernah mundur selangkah pun untuk membawa kasih ke tengah dunia yang terkoyak dosa dan perpecahan. Ia sudah menang, maka bersama Dia kita akan memperoleh kekuatan Roh-Nya dalam mengerjakan banyak hal baik bagi sesama.

 

Ya Tuhan, imanku kepada-Mu adalah sebuah perutusan untuk setia menjadi saksi kasih-Mu di dunia. Kuatkan aku agar tekun sampai akhir. Amin.

Tinggalkan Pesan