Adam

Paus Fransiskus telah mengangkat Pastor Miroslav Konštane (Konštanc) Adam OP sebagai Prelate Auditor (Hakim) pada Tribunal Apostolik Roman Rota. Roman Rota adalah tribunal banding tertinggi dalam Gereja Katolik Roma. Berkenaan dengan pengadilan-pengadilan yudisial yang dilakukan dalam Gereja Katolik, Roman Rota adalah pengadilan gerejawi tertinggi yang didirikan oleh Tahta Suci. Dalam sistem hukum Gereja, hanyalah Paus, sang Hakim Gerejawi Tertinggi, yang melebihi pengadilan ini.

Saat ini, Pastor Adam dari Provinsi Dominikan Slowakia adalah Rektor Magnificus atau presiden Universitas Kepausan Santo Thomas Aquinas (Angelicum) Roma dan Profesor Hukum Kanon.

Pastor Adam OP lahir di Michalovce, Slovakia, 2 Agustus 1963. Ia memperoleh gelar Doktor bidang Ilmu Pengobatan Hewan dari Universitas Pengobatan Hewan Košice (Slovakia) tahun 1987. Selanjutnya dia bekerja beberapa tahun di bidang Ilmu Pengetahuan Hewan.

Tahun 1989, ia masuk novisiat Dominikan di bekas negara komunis Cekoslowakia. Tahun berikutnya dia mengucapkan kaul pertamanya dan kaul kekal di tahun 1993. Ia ditahbiskan imam tahun 1995. Pada tahun yang sama, ia menyelesaikan Master Teologi dari Universitas Palacky, Olomouc (Republik Ceko). Tahun 2001, ia memperoleh Doktor dalam Hukum Kanon dari Angelicum.

Pelayanan pastoralnya mencakup tugas sebagai pastor moderator di University Administrasi Bisnis dan melayani di Paroki Bunda Maria di Salju di Bratislava (Slowakia). Tahun 2001, ia terpilih sebagai Provinsial Dominikan yang pertama di Slovakia. Selain itu, ia mengajar hukum kanon di Fakultas Teologi dari Universitas Trnava di Bratislava dan di Institut Teologi Santo Thomas Aquinas di Kiev, Ukraina.

Tahun 2005, ia diangkat sebagai profesor hukum kanon di Fakultas Hukum Kanon di Angelicum. Desember 2009, ia menjadi Dekan Fakultas Hukum Kanon dan Wakil Rektor Angelicum. Dia juga menjabat sebagai seorang Komisaris Kepausan pada Kongregasi Ajaran Iman dan Kongregasi untuk Lembaga-Lembaga Hidup Bakti serta Serikat-Serikat Hidup Kerasulan di Roma. (pcp berdasarkan Order of Preachers dan sumber-sumber lain)

Adam1

Adam2

Tinggalkan Pesan