instapope

Paus Fransiskus hari ini, pada Pesta Santo Yoseph, 19 Maret 2016, meluncurkan akun Instagram barunya dengan tweet: “Saya memulai perjalanan baru, di Instagram, untuk berjalan bersama kalian sepanjang jalan kerahiman dan kelembutan Allah.”

Paus Fransiskus sendiri yang meresmikan akunnya dengan nama “Franciscus” dari kediamannya di Casa Santa Marta. Dia juga mem-posting gambar pertama, foto dirinya sedang berdoa.

Untuk membuat profil startup-nya, Bapa Suci dibantu oleh Kevin Systrom, CEO dan salah satu penemu  Instagram, serta Mgr Lucio Adrian Ruiz, sekretaris untuk Sekretariat untuk Komunikasi.

Instagram yang didirikan tahun 2010 telah memiliki sekitar 400 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Pembukaan akun Instagram Paus Fransiskus akan meningkatkan kehadirannya yang kuat pada platform media sosial. Paus Fransiskus sudah memiliki akun Twitter dengan hashtag @ Pontifex yang memiliki lebih dari 26 juta pengikut yang terus meningkat jumlahnya.

Berbicara dalam wawancara dengan Radio Vatikan, Prefek Sekretariat untuk Komunikasi Mgr Dario Vigano mengatakan, keputusan untuk membuka akun Instagram muncul dari keyakinan Paus bahwa gambar bisa mengungkapkan banyak hal. Mgr Vigano menjelaskan bahwa tujuannya adalah untuk menceritakan kisah Pontifikat ini melalui gambar-gambar yang memungkinkan orang-orang yang ingin mengikuti atau ingin mengetahui lebih banyak tentang Paus melihat dan berbagi sikap-sikap kelembutan dan belaskasihannya. Dikatakan, gambar-gambar yang akan diposting di Instagram akan menekankan kualitas kedekatan dan inklusi yang Paus Fransiskus jalani dalam kehidupan sehari-harinya.

Pembukaan akun Instagram Paus terjadi setelah pertemuan bulan lalu antara Paus Fransiskus dan Kevin Systrom. Dalam sebuah posting setelah audiensi, Systrom mengatakan bahwa mereka membicarakan “kekuatan gambar untuk menyatukan orang melintasi budaya-budaya dan bahasa-bahasa yang berbeda.” (pcp berdasarkan Radio Vatikan)

Pope's Inta 1

Pope's Inta

EPA_Pope_Systrom_jrl_160226_16x9_992

 

 

1 komentar

Tinggalkan Pesan